Rabu, 02 Desember 2020

AMD Radeon RX 6000 Series Resmi Diungkap, Ini yang Ditawarkan

Bukan hanya menawarkan performa lebih tinggi, AMD menghadirkan lebih banyak teknologi baru.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
AMD Radeon RX 6900 XT. (AMD)
AMD Radeon RX 6900 XT. (AMD)

Hitekno.com - Kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series akhrinya resmi diluncurkan, diklaim menghadirkan performa luar biasa, visual yang terlihat nyata, dan berbagai fitur penting yang menjadikannya sebagai standar baru untuk pengalaman gaming PC bagi para antusias.

Dengan desain dan rancangan yang ekstrem, AMD Radeon RX 6000 Series sangat dinantikan diantaranya adalah kartu grafis AMD Radeon RX 6800 dan AMD Radeon RX 6800 XT, serta flagship terbaru AMD Radeon RX 6900 XT – kartu grafis gaming AMD terkencang yang pernah diciptakan. 

Kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series dibangun di atas arsitektur gaming AMD RDNA 2 yang inovatif, fondasi baru untuk konsol, PC, laptop, dan perangkat mobile generasi mendatang, yang dirancang untuk menghadirkan kombinasi performa dan efisiensi daya yang optimal.

Arsitektur gaming AMD RDNA 2 memberikan performa hingga 2X lebih kencang daripada kartu grafis yang dibangun pada arsitektur AMD RDNA 1 dan hingga performa-per-watt hingga 54 persen lebih tinggi menggunakan teknologi proses 7nm yang sama.

AMD RDNA 2 menawarkan sejumlah inovasi, termasuk menerapkan teknik hemat daya yang canggih ke unit komputasi performa tinggi untuk meningkatkan efisiensi energi hingga 30 persen[i],dan memanfaatkan metodologi desain kecepatan tinggi untuk menghadirkan peningkatan frekuensi hingga 30 persen pada tingkatan daya yang sama.

CEO AMD, Dr. Lisa Su dengan kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series. (dok. AMD)
CEO AMD, Dr. Lisa Su dengan kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series. (dok. AMD)

 

Termasuk di dalamnya teknologi AMD Infinity Cache baru yang memberikan bandwidth-per-watt hingga 2,4X lebih besar dibandingkan dengan desain arsitektur berbasis GDDR6-AMD RDNA.

"Peluncuran hari ini adalah puncak R&D yang selama bertahun-tahun fokus untuk menghadirkan kartu grafis terbaik AMD Radeon ke pasar gaming bagi para antusias, dan mewakili evolusi besar pada PC gaming," kata Scott Herkelman, corporate vice president and general manager, Graphics Business Unit AMD.

"Kartu grafis terbaru Radeon RX 6800, RX 6800 XT, dan RX 6900 XT menghadirkan performa kelas dunia 4K dan 1440p dalam judul AAA utama, level imersi baru dengan visual yang menakjubkan, dan fitur-fitur yang harus dimiliki dimana akan memberikan pengalaman gaming terbaik . Saya tidak sabar menunggu para gamer mendapatkan kartu grafis baru yang luar biasa ini di tangan mereka."  

Performa, Visual dan Pengalaman Gaming Luar Biasa

Kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series mendukung teknologi PCIe 4.0 bandwidth tinggi dan dilengkapi memori GDDR6 16 GB untuk memberi daya pada beban kerja 4K yang paling diperlukan saat ini dan di masa mendatang. Fitur dan kapabilitas utama meliputi:

Performa Tinggi

 

Kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series. (dok. AMD)
Kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series. (dok. AMD)

 

Visual Hidup yang Memukau

 

Pengalaman Gaming yang Ditingkatkan

 

AMD Radeon RX 6900 XT. (AMD)
AMD Radeon RX 6900 XT. (AMD)

 

Rangkaian Produk AMD Radeon RX 6000 Series

AMD Radeon RX 6000 Series. (AMD Indonesia)
AMD Radeon RX 6000 Series. (AMD Indonesia)

 

Ekosistem dan Kemitraan Gaming yang Kuat

Dalam beberapa minggu mendatang, AMD akan merilis serangkaian video dari mitra ISV-nya yang menampilkan pengalaman gaming luar biasa yang dimungkinkan oleh kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series di beberapa game yang paling dinantikan tahun ini. Video-video ini dapat dilihat di situs web AMD.  

 

Harga dan Ketersediaan

Kartu grafis AMD Radeon RX 6800 dan Radeon AMD RX 6800 XT diharapkan tersedia dari etailer / retailer global dan di AMD.com mulai 18 November 2020, masing-masing seharga 579 dolar AS dan 649 dolar AS. AMD Radeon  RX 6900 XT diharapkan tersedia pada 8 Desember 2020, dengan harga 999 dolar AS.  

Kartu grafis AMD Radeon RX 6800 dan RX 6800 XT juga diharapkan tersedia dari mitra AMD, termasuk ASRock, ASUS, Gigabyte, MSI, PowerColor, SAPPHIRE dan XFX, pada November 2020.  

Terkait

Terkini