Senin, 30 November 2020

Poco X3 NFC vs Realme 7, Duel HP Rp 3 Jutaan

Poco X3 NFC vs Realme 7, mana yang terbaik di harga Rp 3 jutaan.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Poco X3 NFC vs Realme 7. (HiTekno.com)
Poco X3 NFC vs Realme 7. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Persaingan Realme dan Xiaomi di Indonesia makin memanas. Bahkan untuk HP Rp 3 jutaan kini ada Poco X3 NFC vs Realme 7 yang sedang jadi buruan.

Realme 7 hadir lebih dulu ke pasar Indonesia dengan versi murahnya, Realme 7i. Tak berselang lama, Xiaomi Indonesia menghadirkan Poco X3 NFC yang juga bersaing di kelas HP Rp 3 jutaan.

Hadir di waktu yang berdekatan, harga yang sekelas, mana yang lebih menarik untuk dipinang? Apakah perangkat terbaru dari Realme atau Xiaomi ini?

Lebih lengkapnya, berikut ini tim HiTeko.com buatkan perbandingan spesifikasi Poco X3 NFC vs Realme 7 untuk HP Rp 3 jutaan mana yang lebih menarik.

Performa

Qualcomm Snapdragon 732G vs MediaTek Helio G95. (Kolase HiTekno.com)
Qualcomm Snapdragon 732G vs MediaTek Helio G95. (Kolase HiTekno.com)

 

Realme 7 hadir mengusung chipset gaming MediaTek Helio G95 yang punya performa tinggi. Berkat GPU Mali-G76 yang berjalan kencang, khususnya untuk bermain game.

Sedangkan Poco X3 NFC hadir mengusung Qualcomm Snapdragon 732G yang merupakan perbaikan dari Snapdragon 730G. Ditambah sistem pendingin LiquidCool 1.0 Plus.

Sedangkan chipset Realme 7 menggunakan sistem pendingin yang dinamakan Superb Carbon Ficer Cooling System. Kedua HP ini terlihat memakai sistem pendingin spesial.

Soal performa, keduanya pada level yang sama. Terlihat dari hasil AnTuTu Benchmark, Realme 7 mendapatkan nilai 298 ribu sedangkan Poco X3 NFC di angka 300 ribu.

Performa kencang ini juga didukung memori lega, RAM 8 GB + 128 GB. Bedanya Poco X3 NFC di Indonesia juga tersedia versi RAM 6 GB + 64 GB.

Layar

Poco X3 NFC vs Realme 7. (HiTekno.com)
Poco X3 NFC vs Realme 7. (HiTekno.com)

 

Tren layar dengan refresh rate tinggi juga diikuti dua HP Rp 3 jutaan ini. Yang sama-sama memakai panel IPS dan resolusi 1080x2400 piksel alias fullHD+.

Kedua HP ini juga memakai layar dengan punch hole atau lubang yang berada di tengah. Tentu saja, lubang ini tempat bersarang kamera selfie.

Bedanya, Realme 7 memakai refresh rate 90 Hz saja dan perlindungan Corning Gorilla Glass 3. Sedangkan Poco X3 NFC memakai layar 120 Hz dan dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Layar jadi keunggulan bagi Poco X3 NFC dibandingkan Realme 7, tidak hanya di refresh rate yang lebih tinggi namun juga pada perlindungan yang lebih kuat.

Kamera

Realme 7 hadir dengan empat kamera belakang yang terdiri dari 64 MP f/1.8 + 8 MP f/2.3 ultrawide + 2 MP f/2.4 macro + 2 MP f/2.4 depth sensor. Juga kamera selfie 16 MP f/2.1.

Sedangkan Poco X3 NFC memakai empat kamera belakang terdiri dari 64 MP f/1.9 + 13 MP f/2.2 ultrawide + 2 MP f/2.4 macro + 2 MP f/2.4 depth sensor. Juga kamera selfie 20 MP f/2.2.

Sekilas memang terlihat serupa, namun HP andalan Xiaomi Indonesia ini punya resolusi lebih tinggi pada sensor kamera ultrawide dan kamera selfie. Juga dukungan dual-led flash.

Baterai dan Charger

Baterai lagi-lagi jadi andalan keduanya, namun secara kapasitas lebih unggul Poco X3 NFC. HP Rp 3 jutaan ini memakai baterai 5160 mAh yang cukup untuk seharian.

Sedangkan Realme 7 menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Selisih keduanya memang tidak besar, dan sama-sama cukup untuk kebutuhan seharian.

Keduanya juga dilengkapi fast charging kencang, Poco X3 NFC memakai 33 watt dan Realme 7 30 watt. Sama-sama diklaim bisa mengisi penuh dalam 65 menit saja.

Desain dan Fitur

Poco X3 NFC vs Realme 7. (HiTekno.com)
Poco X3 NFC vs Realme 7. (HiTekno.com)

 

Khusus untuk pasar Indonesia, Realme 7 hadir dengan fitur NFC. Dan pesaingnya, sudah tertera dalam namanya juga telah menggunakan fitur yang tengah populer ini.

Sama-sama memakai USB type-C dan masih memiliki jack audio 3,5 mm. Keduanya juga memakai sensor fingerprint di samping bodynya sehingga bagian belakang lebih bersih.

Bedanya, Poco X3 NFC memiliki infrared blaster yang juga fitur kesukaan Mi Fans. Ditambah speaker stereo yang memadukan ear piece dan speaker di sisi bawah.

Soal sitem operasi, sama-sama sudah menjalankan Android 10 yang menggunakan antarmuka masing-masing. Termasuk fitur-fitur andalan tiap antarmuka.

Untuk slot kartu, Realme 7 lebih unggul karena memakai slot microSD dedicated ditambah dual SIM. Sedangkan Poco X3 NFC memakai hybrid slot, harus memilih dual SIM atau single SIM + microSD.

Untuk desain, Realme 7 hadir lebih elgean dan minimalis. Dan ada dua pilihan warna: Mist Blue dan Mist Whie. Sedangkan Poco X3 NFC Terlihat lebih futuristis, dengan pilihan warna Blue dan Grey.

Harga

Kesimpulan

Poco X3 NFC vs Realme 7. (HiTekno.com)
Poco X3 NFC vs Realme 7. (HiTekno.com)

 

Poco X3 NFC vs Realme 7, dua HP Rp 3 jutaan yang sama-sama menarik. Namun mana yang lebih unggul satu dari lainnya? Dan mana yang lebih cocok untuk kamu?

Realme 7 menawarkan performa tinggi terkhusus untuk main game, ditambah antarmuka yang lebih bersih dari iklan di aplikasinya. Sayangnya ditebus dengan harga lebih tinggi.

Poco X3 NFC menawarkan harga lebih terjangkau dengan performa setingkat, namun memiliki fitur yang lebih banyak dan refresh layr tinggi. Sayang harus memilih dual SIM atau memori eksternal.

Itulah perbandingan Poco X3 NFC vs Realme 7, del HP Rp 3 jutaan terbaik untuk Indonesia. Mana yang jadi pilihan kamu?

Terkait

Terkini