Rabu, 25 November 2020

Berbahaya, Deretan Aplikasi Populer Ini Wajib Kamu Hapus!

Fenomena adware berbahaya bukanlah hal baru karena telah ada di mana-mana di platform perangkat lunak seluler

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)
Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)

Hitekno.com - Pengguna Android mendapatkan peringatan dari perusahaan keamanan siber terkait bahaya yang baru ditemukan bersembunyi di balik Play Store

Mereka mendesak siapa pun yang mungkin telah menjadi korban "gelombang adware" beberapa bulan terakhir untuk segera menyingkirkan momok yang terus-menerus ini.

Fenomena adware berbahaya bukanlah hal baru karena telah ada di mana-mana di platform perangkat lunak seluler paling populer di dunia. Tetapi 21 aplikasi Android yang dinamai dan dipermalukan oleh pengembang antivirus Avast awal pekan ini menjadi sorotan, untuk pertama kalinya.

Bahkan sebelum kita membahas alasan mengapa Anda harus menjauh dari hampir dua lusin judul Google Play yang menyesatkan, peneliti Avast dengan cermat mempelajari perilaku mereka dan menyisir ratusan ulasan pengguna.

Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)
Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)

 

Melansir laman Phone Arena, Minggu (25/10/2020), berikut daftar 21 aplikasi berbahaya:

Sekarang tahu apa yang harus dihindari, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang salah dengan aplikasi Android ini. Sebagian besar tidak terlihat berbahaya atau sangat mencurigakan pada pandangan pertama, setidaknya bagi mata yang tidak terlatih dari banyak konsumen konten seluler biasa.

Ilustrasi adware. [Shutterstock]
Ilustrasi adware. [Shutterstock]

Mata terlatih dari sejumlah ahli keamanan siber Avast yang memindai bendera merah Play Store untuk ketiga kalinya hanya dalam empat bulan. Mereka dengan cepat menyadari bahwa sejumlah besar ulasan untuk aplikasi yang tercantum di atas menyebutkan, iklan YouTube yang mempromosikan fungsi yang sangat berbeda dari satu pengguna benar-benar dapatkan saat mengunduh judul ini.

Setelah menarik perhatian orang-orang dengan iklan yang menipu, pengembang gelap dari 21 game berbahaya yang diidentifikasi dalam laporan baru ini, akan mulai membombardir pelanggan mereka dengan lebih banyak iklan, banyak di antaranya muncul di luar aplikasi itu sendiri, membuat pelakunya sangat sulit untuk dikenali.

Avast masuk bertujuan untuk membantu Anda mendapatkan kembali kendali penuh atas ponsel cerdas yang terinfeksi dan memusnahkan beberapa iklan mengganggu.

Mereka langsung memblokir penyelesaian tugas-tugas penting, serta secara umum memperlambat. (Suara.com/Dythia Novianty)

Terkait

Terkini