Jum'at, 23 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 18 Oktober 2020 | 16:30 WIB

Hitekno.com - Beberapa vendor HP bertanya-tanya apa yang sebenarnya dibutuhkan pengguna? Tentunya sebuah perangkat keras terbaik yang mendukung kemampuan chipset premium kelas atas, seperti fotografi beresolusi Gigapixel, perekaman video 8K, dan fitur–fitur gaming tingkat desktop. Jika Anda kesulitan memilih ponsel Android terbaik di pasar saat ini, tidak perlu terlalu lama berpikir karena ponsel terbaik selalu datang dengan prosesor premium Snapdragon seri-7 dan seri-8.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Snapdragon seri-8 adalah mobile platform terbaik yang membawa fitur-fitur lengkap untuk mendukung ponsel premium, tetapi perlu diketahui bahwa Snapdragon seri-7 juga termasuk ke dalam segmen high-end yang juga mendukung ponsel-ponsel premium saat ini.

Bagi Anda yang ingin memiliki perangkat yang ringkas dengan fitur–fitur paling canggih, baik untuk kebutuhan sehari–hari atau seorang mobile gamer profesional hingga pembuat konten pemula, berikut adalah perangkat mobile yang ditenagai oleh fitur–fitur dan spesifikasi premium kelas atas dari Snapdragon Seri 7 dan 8 sebagai pertimbangan Anda.

Snapdragon Seri 7

POCO X3 NFC

POCO X3 NFC. (POCO)

 

Berbicara ponsel premium, POCO X3 NFC layak masuk ke dalam daftar ini. Ponsel yang baru saja meluncur di Indonesia ini dijuluki sebagai ‘The Real Mid-Range Killer’ berkat fitur-fitur canggihnya yang menyerupai ponsel premium, dengan harga jual ponsel mid-range. POCO X3 NFC adalah ponsel pertama di Indonesia yang ditenagai oleh Snapdragon 732G, mendukung para gamers dengan GPU Adreno 618, refresh rate hingga 120 Hz, dan touch sampling rate sebesar 240 Hz. Kamera depannya dibekali sensor 20MP dan kamera belakang dengan sensor 64MP, 13MP, 2MP, dan 2MP untuk pengambilan gambar yang mumpuni.

Vivo X50 Pro

Vivo X50 Pro. (dok. Vivo)

 

Vivo meluncurkan X50 Pro yang canggih di Indonesia dengan empat kamera belakang bersensor 48MP, 13MP, 8MP, 8MP dan kamera selfie 32MP. Ponsel ini menjadi yang pertama dengan fitur Gimbal Stabilization yang diklaim terinspirasi dari peralatan lengkap fotografi profesional. Perangkat ini menjamin pengalaman fotografi layaknya profesional, ditenagai oleh chipset premium kelas atas Snapdragon 765G dengan GPU Adreno 620 yang mampu menangkap hasil kamera secara detil, mengoptimalkan penangkapan video hingga resolusi 4K pada 60FPS dengan vivo X50 Pro.

Selain itu, perangkat ini juga hadir dengan fitur–fitur pendukung untuk aktivitas sehari–hari, seperti Touch ID dan pengenalan wajah, dengan konetivitas 4G dan siap untuk 5G, WI-Fi 5, dan NFC Multifunction.

OPPO Reno4 dan Reno4 Pro

OPPO Reno4. (dok. Oppo)

 

Hadir di Indonesia pada Agustus awal, OPPO membawa Reno4 dengan spesifikasi canggih dan kencang. AI pada ponsel ini adalah fitur utama yang mendukung sederet fitur–fitur lain yang ditenagai oleh AI, berkat chipset premium kelas atas, Snapdragon 720G.

Reno4 dilengkapi dengan sensor ponsel yang terdiri dari 48MP, 8MP, 2MP, 2MP dan kamera selfie 32MP. Kamera-kamera pada ponsel ini dilengkapi dengan peran AI yang menjanjikan fitur–fitur fotografi terbaru tersebut seperti AI Color Portrait yang dapat mengkontraskan satu objek atau orang dengan efek tertentu, Night Flare Portrait yang dapat membuat objek terlihat menonjol di cahaya redup dan efek bokeh dibelakangnya, dan video AI Slow-motion pada 960FPS untuk merekam setiap pergerakan dinamis secara detail.

Penawaran terbaik lainnya dari OPPO adalah Reno4 Pro yang membawa beberapa teknologi lebih tinggi dari Reno4, seperti refresh rate hingga 90Hz dalam layar AMOLED berukuran 6,5 inci, pengisian daya SuperVOOC 2.0 sebesar 65-Watt yang memungkinkan pengisian daya lebih cepat, mengurangi kekhawatiran Anda untuk melewatkan momen penting dikarenakan baterai yang habis.

Snapdragon Seri 8

Poco F2 Pro

Poco F2 Pro. (Xiaomi Indonesia)

 

Dikenal sebagai ‘Flagship Killer’, Poco F2 Pro menjadi ponsel paling terjangkau dengan chipset premium kelas atas, Snapdragon 865, di Indonesia. Dibanderol Rp 7 juta, pengguna dapat menikmati fitur–fitur premium kelas atas seperti fotografi berkecepatan Gigapixel untuk mendukung kamera ganda pada F2 Pro dan fitur–fitur gaming setara desktop dengan Snapdragon Elite Gaming untuk pengguna yang menyukai game berat dalam waktu luangnya. Membawa empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64MP, sensor ultrawide 13MP, sensor tele-macro 5MP, dan sensor depth 2MP, dan juga kamera pop-up selfie 20MP yang memerlukan dukungan penuh dari Spectra™ 480 Image Signal Processor pada chipset untuk pengambilan gambar yang lebih cepat.

Xiaomi Mi 10

Xiaomi Mi 10. (Xiaomi)

 

Walaupun diluncurkan pada Mei 2020, kecanggihan Xiaomi Mi 10 masih relevan jika disandingkan dengan ponsel – ponsel premium yang diluncurkan lebih baru. Xiaomi Mi 10 ditenagai oleh Snapdragon 865 yang siap untuk jaringan terbaru 5G ketika diluncurkan di Indonesia. Ponsel ini dilengkapi dengan sensor kamera belakang 108MP, 13MP, 2MP, 2MP, dan kamera selfie 20MP. Layar Xiaomi Mi 10 mendukung refresh rate hingga 90Hz dan sampling rate hingga 180Hz, juga tampilan HDR 10+ untuk penggunaan yang lancar dan layar yang jernih.

Performa yang bertenaga dari chipset premium kelas atas dari Snapdragon seri 7 dan 8 akan meningkatkan semua aspek canggih dari perangkat mobile saat ini, termasuk yang mengutamakan fotografi dan videografi, mobile gaming, atau bahkan pengguna yang menginginkan untuk fokus pada produktivitas. Qualcomm selalu mengaspirasi untuk memberikan pengalaman mobile terbaik untuk konsumen di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dengan Snapdragon seri 7 dan 8, Qualcomm menawarkan solusi tercanggih untuk memenuhi kebutuhan pasar dan pengalaman premium yang tidak terlupakan melalui perangkat mobile paling canggih dengan harga mulai dari Rp 3 jutaan saja. Jadi, perangkat mana yang menjadi pilihanmu?

BACA SELANJUTNYA

Cocok untuk HP Gaming, Qualcomm Rilis Snapdragon 865 Plus