Sabtu, 24 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 18 Oktober 2020 | 13:30 WIB

Hitekno.com - Seri iPhone 12 terbaru yang baru saja dirilis Apple dijual tanpa charger dan earphone dengan alasan ingin menjadi lebih ramah lingkungan. Namun banyak yang mengatakan sepertinya itu bukan alasan sebenarnya Apple.

Menurut perusahaan teknologi asal California tersebut tanpa charger dan earphone makan proses penambangan bahan alam untuk membuatnya dapat ditekan.

Tetapi sepertinya ada alasan lain yang membuat Apple mentiadakan dua aksesori penting yang biasanya ada di HP terbarunya.

Diduga kuat alasan lainnya adalah untuk penghematan, pasalnya komponen 5G yang ada di seri iPhone 12 dibanderol cukup mahal.

Sebagai gantinya Apple menghilangkan charger dan earphone dalam penjualan iPhone 12.

Seorang analis dari CFRA Reasearch, Angelo Zino mengatakan ''bahwa diestimasi komponen frekuensi radio saja di iPhone 12 biayanya sekitar 30 persen lebih banyak dari iPhone terdahulu, maka Apple menekan harga di aspek iPhone lainnya.''

iPhone 12 Mini dan iPhone SE 2020. (YouTube/ Apple)

 

Hilangnya charger dan earphone di iPhone 12 juga akan menambah keuntungan Apple, mungkin hal itu yang merupakan alasan sebenarnya agar keuntungan dari iPhone terbaru tetap terjaga.

Apple juga sudah memprediksi bahwa pengguna akan tetap membeli iPhone 12 terbaru dengan charger secara terpisah, hal ini akan makin menambah keuntungan Apple.

Jika seperti itu, misi Apple untuk lebih ramah lingkungan tak berhasil, pasalnya pengguna akan membeli charger dan earphone secara terpisah yang juga di dalam keamasan.

Tambahan kemasan atau emisi barang saat pengantan barang juga akan bertambah, maka tak heran jika alasan yang dikemukan pihak Apple untuk ramah lingkungan dirasa kurang efektif.

BACA SELANJUTNYA

Terungkap, Segini Kapasitas Baterai iPhone 12 Pro Max