Rabu, 21 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 17 Oktober 2020 | 19:00 WIB

Hitekno.com - Antarmuka MIUI yang biasa digunakan HP Xiaomi telah terintegrasi iklan pada aplikasi bawaannya. Namun bekan berarti tidak ada cara mematikan iklan di Xiaomi MIUI 12.

Banyak yang ingin mematikan iklan di MIUI karena terkadang mengganggu. Terlebih muncul di saat tidak diinginkan.

Pengguna bisa menonaktifkan iklan dalam MIUI 12 di beberapa kondisi. Dilansir dari Nextpit, ada beberapa tips untuk mematikan iklan di Xiaomi MIUI 12.

Berikut langkah dan cara mematikan iklan di Xiaomi MIUI 12:

1. Cara menghapus iklan dengan mematikan aplikasi MSA

  • Pengguna dapat mematikan aplikasi MSA (MIUI System Ads) dan metode ini dapat menyelesaikan banyak masalah periklanan yang mengganggu di MIUI.
  • Pengguna harus memastikan smartphone Xiaomi menjalan MIUI dan terhubung ke WiFi atau jaringan seluler sebelum melakukannya.
  • Setelahnya, buka Settings > klik Passwords & Security > di bawah menu Authorization & Revocation, pengguna dapat mencari bagian MSA dan menggeser tombol radio untuk menonaktifkannya, tunggu 10 detik, lalu pilih Revoke.
  • Pengguna mungkin akan menerima pesan yang mengatakan bahwa itu tidak dapat mencabut otorisasi. Terus coba sampai sistem mengizinkan.
  • Manipulasi ini akan menghilangkan sebagian besar iklan. Tetapi ini hanya iklan "sistem" di antarmuka MIUI, iklan lain mungkin tetap ada di beberapa aplikasi asli Xiaomi dan harus dinonaktifkan satu per satu.
Fitur desain visual sensorik di MIUI 12. [Android Authority]
Fitur desain visual sensorik di MIUI 12. Sebagai ilustrasi MIUI [Android Authority]

2. Cara menonaktifkan rekomendasi iklan pribadi

  • Setelah mencabut otorisasi MSA, pengguna dapat mulai menonaktifkan remondasi iklan yang dikirimkan MIUI. Untuk menonaktfkannya, buka Settings > Privacy Protection > di bawah menu Privacy, cari opsi Ad Services dan kemudian Personalised Ad Recommendations.
  • Nonaktifkan menu Personalised Ad Recommendations dan pengguna tidak akan lagi melihat iklan berdasarkan data perilaku atau informasi pribadi pengguna.

3. Cara menonaktif iklan di aplikasi Mi Browser dan Mi Security

  • Untuk menonaktifkan iklan MIUI di Mi Browser, buka Mi Browser > klik tab Profile di sisi kanan bawah > pilih tab Profile, akses pengaturan dengan memilih ikon baut di sudut kanan atas > dalam setelan lanjutan, hapus centang opsi Add Ads.
  • Sementara untuk menonaktifkan iklan di Mi Security, buka aplikasi Security dan klik Settings > di bawah Settings, nonaktifkan opsi Receive Recommendations.

4. Cara menonaktifkan iklan di Xiaomi Music dan Mi Video

  • Untuk menonaktifkannya, buka aplikasi Mi Music dan buka Settings di sudut kanan atas. Lalu buka opsi Advanced Settings dan nonaktifkan opsi Receive Referrals dan Show Ads.
MIUI 12. [Xiaomi/Weibo]
MIUI 12. [Xiaomi/Weibo]

 

5. Cara menonaktifkan iklan di File Manager dan unduhan

  • Untuk menonaktifkan iklan di menu File Manager dan Folder Manager, termasuk unduhan, pada MIUI Xiaomi, pengguna dapat mengikuti prosedur yang sama seperti untuk aplikasi Mi Browser dan Mi Security.
  • Buka Settings > klik System Application Settings > temukan File Manager atau folder dan aplikasi Download > nonaktifkan opsi Recommendations untuk Mi File Manager dan Show Recommended Content untuk Mi Download.

6. Cara menonaktifkan iklan di tema MIUI

  • Cara termudah untuk menghilangkan iklan di aplikasi MIUI Theme adalah dengan langsung masuk ke aplikasi itu sendiri dan menonaktifkannya.
  • Buka aplikasi MIUI Themes dan masuk ke Akun. Cari Settings > lalu nonatifkan opsi Recommendations.
  • Itulah langkah-langkah untuk menonaktifkan iklan dalam MIUI 12 pada smartphone Xiaomi yang dapat diikuti oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan.

Itulah cara mematikan iklan di Xiaomi MIUI 12, terlebih buat kamu yang sering terganggu kemunculan iklan tersebut. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Agar Tak Mengganggu, Begini Cara Menonaktifkan Iklan di Xiaomi MIUI 12