Minggu, 25 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 08 Oktober 2020 | 12:30 WIB

Hitekno.com - Fokus menyenangkan penggunanya yang gemar bermain game, Xiaomi baru saja memperkenalkan fitur baru dari keluarganya yaitu RAMDISK. Fitur satu ini diklaim mampu membuat gaming di HP Xiaomi semakin ngebut.

Cukup menarik, sebagai uji coba, RAMDISK pertama kali disematkan oleh Xiaomi di Mi 10 Ultra yang dilengkapi dengan RAM 16 GB. Baru digunakan oleh Xiaomi, teknologi RAMDISK ini pertama kali disematkan pada perangkat komputer.

Melansir dari Gizmochina, RAMDISK memungkinkan HP untuk menggunakan sebagian RAM sebagai ruang penyimpanan. Karena masuk ke RAM, dapat dipastikan jika memori internal HP menjadi lebih luas hingga aplikasi dan game bekerja dengan lebih cepat.

Zeng Xuezhong selaku Head of Smartphones Xiaomi menjelaskan bahwa game yang diinstal dan dijalankan pada RAM bisa berjalan dengan lebih cepat 40 persen hingga 60 persen jika dibandingkan dengan game atau aplikasi yang diinstal di memori internal.

Sebagai contoh, Zeng Xuezhong menjelaskan bahwa game Peacekeeper Elite yang adalah versi China dari PUBG Mobile ini bisa diinstal di RAM hanya dalam waktu 10 detik, sedangkan butuh 19 detik saat diinstal di memori internal.

Xiaomi Mi 10T. (Xiaomi)

 

Tidak hanya berpengaruh pada waktu install, fitur RAMDISK ini juga membuat waktu loading game menjadi lebih cepat. Cukup menarik, fitur terbaru Xiaomi ini benar-benar dinantikan oleh pengguna yang gemar bermain game.

Sayangnya, tidak semua game sudah mendukung fitur RAMDISK. Pasalnya, Xiaomi masih melakukan proses uji coba untuk teknologi andalannya ini. Setidaknya, baru ada 10 game yang sudah mendukung fitur RAMDISK ini.

Tidak hanya mendatangkan keuntungan untuk kamu yang gemar bermain game. Fitur RAMDISK dari Xiaomi ini juga punya kekurangan yang perlu disempurnakan kedepannya sebelum kemudian menjadi andalan perangkat-perangkat di masa mendatang.

BACA SELANJUTNYA

Mulai Hari Ini, POCO X3 NFC Dijual Perdana di Indonesia