Kamis, 29 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 08 Oktober 2020 | 10:15 WIB

Hitekno.com - Intel telah mengonfirmasi kehadiran prosesor dekstop Rocket Lake Generasi ke-11 akan dirilis pada kuartal pertama 2021 mendatang dengan dukungan PCle 4.0.

Waktu pengumuman Intel kemungkinan besar bukan kebetulan, pasalnya AMD akan merilis CPU pertamanya berdasarkan arsitektur Zen 3 untuk komputer dekstop besok yang sudah dipastikan didominasi untuk PC bertenaga tinggi.

Pengumuman Intel bahwa ia memiliki chip baru sendiri dalam perjalanan tahun depan terasa seperti pengingat bagi pembuat OC bahwa ada pilihan yang tersedia di luar perangkat keras yang diumumkan AMD.

Sementara itu berita terkait Intel tidak jelas mengenai tanggal rilis sebenarnya, Videocardz melaporkan bahwa Chip tersebut akan tiba pada Maret 2021.

Logo Intel baru. (Intel)

 

Dilansir dari laman The Verge, Chips Rocket Lake-S yang juga baru juga dikatakan kompatibel dengan motherboard Intel 400-series yang ada, yang seharusnya berguna bagi siapa pun yang ingin mendapatkan peningkatan tahun depan.

Banyak rumor beredar terkait perombakan besar yang dibawa prosesor dekstop Intel yang diperkiran masih akan menggunakan proses 14nm yang sama dengan yang telah digunakan Intel selama bertahun-tahun.

Namun, Wccftrch memgklaim bahwa Intel akan melakukan backport pada beberapa perbaikan arsitektur yang didebutkan dengan arsitektur Willow Cove dari prosesor seluler Generasi ke-11.

Harunya prosesor ini menawarkan beberapa peningkatan yang lebih banyak meskipun faktnya Intel belum berhasil merilis produk dekstop 10nm miliknya.

Selain itu PCle 4.0, jajaran Rocket Lake-S baru juga diharapkan menawarkan garis Xe baru bersama dengan dukungan terintegrasi Thunderbolt 4.

BACA SELANJUTNYA

Luncurkan 3 Prosesor Ryzen Baru, AMD Beri Bonus Assassins Creed Valhalla