Selasa, 24 November 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 04 Oktober 2020 | 21:30 WIB

Hitekno.com - Ekosistem prosesor AMD Epyc menawarkan lingkungan virtual dan hyperconverged infrastructure (HCI) dengan VMware yang mendapatkan dukungan teknologi-teknologi baru. Yakni dukungan AMD Secure Encrypted Virtualization-Encrypted State (SEV-ES) dalam rilis vSphere terbarunya, 7.0U1.

Dengan rilis terbaru, VMware vSphere kini memampukan AMD SEV-ES, yang merupakan bagian dari AMD Infinity Guard, serangkaian fitur hardware modern yang dapat ditemukan pada semua prosesor AMD Epyc Generasi Kedua.

Selain enkripsi memori VM, SEV-ES juga menyediakan enkripsi register CPU dan memberi pelanggan VMware keamanan yang mudah diterapkan dan ditingkatkan untuk lingkungan mereka.

"Karena data center modern terus berkembang menjadi lingkungan cloud hybrid virtual, AMD dan VMware bekerja sama untuk memastikan pelanggan memiliki akses ke sistem yang memberikan performa tinggi pada beban kerja virtualisasi, dengan tetap mengaktifkan fitur keamanan canggih yang sederhana untuk implementasikan untuk perlindungan data yang lebih baik," kata Dan McNamara, senior vice president and general manager, Server Business Unit, AMD.

"Data center virtual dengan prosesor AMD Epyc dan VMware memungkinkan pelanggan untuk memodernisasi data center dan memiliki akses ke fitur keamanan dengan performa tinggi dan terdepan, di berbagai platform OEM."

"Dalam lingkungan virtual, sangat penting untuk memiliki perlindungan data tidak hanya dari mesin virtual lain, tetapi juga hypervisor itu sendiri. Inilah mengapa kami memilih untuk menjadikan vSphere 7 sebagai hypervisor pertama yang memberikan dukungan SEV-ES penuh dari prosesor AMD Epyc," kata Krish Prasad, senior vice president and general manager, Cloud Platform Business Unit, VMware.

"Keamanan dan enkripsi data tambahan yang berlapis ini benar-benar berdampak bagi pelanggan kami karena mereka kini dapat mengenkripsi data di seluruh lingkungan mereka. Namun yang lebih penting, pelanggan tidak perlu melakukan perubahan pada aplikasi mereka untuk memanfaatkan SEV-ES sepenuhnya, membuat penerapan keamanan menjadi sederhana. AMD telah menjadikan keamanan sebagai pilihan yang mudah bagi pelanggan kami dengan fitur-fitur ini dan kami senang memberikan keamanan AMD Epyc kepada mereka."

 

Ekosistem AMD Epyc dan VMware yang Berkembang

Prosesor AMD Epyc telah menjadi pilihan terdepan untuk mendorong inovasi virtualisasi dan solusi HCI karena performa yang terakselerasi, termasuk performa VMmark 3.1.1 2,3x lebih baik dibandingkan dengan pesaing, kemampuan memori terkemuka di kelasnya, dan serangkaian fitur keamanan lengkap dengan AMD Infinity Guard termasuk SEV-ES dan Secure Memory Encryption.

AMD juga telah bekerja sama dengan mitra OEM untuk menciptakan vSAN ReadyNodes tersertifikasi untuk prosesor AMD Epyc dan prosesor AMD Epyc lainnya serta solusi VMware HCI yang menawarkan performa terdepan, skalabilitas, dan total biaya kepemilikan. 

Dell Technologies

  • Dell EMC VxRail E Series hyperconverged system– Menampilkan prosesor AMD Epyc Generasi Kedua, sistem ini melanjutkan kolaborasi sukses antara AMD, Dell Technologies dan VMware yang memungkinkan HCI untuk beragam penggunaan.
  • Dell EMC vSAN Ready Nodes – Dengan menggunakan server Dell EMC PowerEdge, pelanggan bisa mendapatkan performa AMD Epyc dengan fleksibilitas Dell EMC vSAN Ready Nodes, membuat blok hyperconverged untuk lingkungan VMware vSAN. 

HPE

  • HPE ProLiant DL325 and DL385 Gen10 and Gen10 Plus servers – Menggunakan prosesor AMD Epyc Generasi kedua, server ini dibuat khusus untuk pengguna VDI, aplikasi bisnis penting, dan beban kerja campuran dengan pertumbuhan yang dapat diskalakan. Server juga bersertifikat vSAN ReadyNode.  

Lenovo Data Center Group

  • Lenovo menawarkan Lenovo ThinkSystem dengan server soket tunggal dan ganda yang bersertifikat VMware vSAN ReadyNode. Ini termasuk dua soket server Lenovo ThinkSystem SR645 dan SR665 yang menampilkan peningkatan performa dan konektivitas I / O untuk beban kerja yang lebih tinggi dan soket tunggal server Lenovo ThinkSystem SR635 dan SR655 untuk membantu pelanggan mempercepat beban kerja dengan performa lebih tinggi untuk meningkatkan efisiensi.

Supermicro

  • Supermicro menawarkan solusi bersertifikasi vSAN ReadyNode dengan prosesor AMD Epyc soket ganda bagi pelanggan yang ingin menerapkan solusi hyper-converged, sesegera mungkin. 

Prosesor AMD Epyc, baik dalam konfigurasi soket tunggal atau soket ganda, memberikan pelanggan VMware prosesor performa terdepan di industri untuk beban kerja virtualisasi VMware[iii]. Kini dengan pemberdayaan SEV-ES pada rilis terbaru vSphere, pelanggan dapat memilih fitur performa dan keamanan saat menggunakan solusi VMware berbasis AMD Epyc dari OEM. 

Pembaruan ini menyoroti kolaborasi berkelanjutan antara kedua perusahaan untuk menyediakan pelanggan VMware dan AMD Epyc pengalaman virtualisasi dengnan performa tinggi dan aman untuk data center modern.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang versi terbaru vSphere dan dukungannya untuk SEV-ES di blog ini dari VMware dan mendengar lebih banyak tentang AMD Epyc untuk solusi VMware di VMworld 2020.

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: AMD Radeon RX 6000 Series, Rumor Samsung Galaxy S21