Rabu, 21 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 02 Oktober 2020 | 08:30 WIB

Hitekno.com - Cara membuat barcode di Android dan Iphone cukup mudah, tidak perlu repot-repot. Mengingat teknologi ini makin digemari untuk saat ini, tidak hanya untuk transaksi digital saja.

Barcode juga menjadi sebuah solusi ditengah kecepatan transaksi bisnis di era digital saat ini. Terlebih lagi jika Anda ingin memasarkan produk milik Anda, baik dalam bentuk barang atau bahkan jasa.

Barcode menjadi sebuah kebutuhan penting yang dapat mendukung kesempurnaan layanan Anda. Lalu bagaimana cara membuatnya dengan mudah?

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir karena kini barcode dapat langsung dibuat dari Android dan Iphone. Caranya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membuat barcode ini secara gratis. Menarik bukan?

Agar tidak semakin penasaran, simak cara membuat barcode di Android dan Iphone dengan mudah berikut ini.

Ilustrasi QR Code. [Shutterstock]

 

Cara Membuat Barcode di Android

Untuk membuat barcode di Android, Anda dapat menggunakan aplikasi Barcode Generator yang bisa diunduh secara gratis melalui Play Store. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Barcode Generator melalui Google Play Store. Setelah berhasil terunduh, buka Aplikasi tersebut dan klik ikon ( + ) berwarna merah di kanan bawah halaman depan aplikasi.
  2. Setelah itu, akan muncul dua menu yang dapat dipilih, yaitu ‘Scan Code’ dan ‘Add Code’. Pilih menu ‘Add Code’ untuk membuat barcode baru.
  3. Kemudian, pilih jenis barcode yang ingin Anda buat. Di aplikasi ini, pilihan jenis barcode yang tersedia mencakup QR Code, Data Matrix, Aztec Code, Codabar, dan beberapa opsi lainnya.
  4. Misalnya, Anda ingin membuat barcode jenis QR Code (Quick Response Code). Pilih opsi ‘QR Code’. Setelah itu, akan muncul opsi tipe QR Code yang ingin Anda buat. Opsi yang disediakan mencakup text, URL, email, nomor telepon, SMS, WIFI, dan beberapa opsi lainnya.
  5. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat QR Code yang mengarah ke email, pilih opsi ‘Email’. Selanjutnya, isi alamat email Anda. Klik ikon centang di sudut kanan atas tampilan.
  6. Setelah itu, QR Code yang Anda buat akan muncul di layar. Anda dapat langsung meng-export QR Code tersebut dan menyimpannya di ponsel Anda. Selain itu, Anda juga dapat langsung membagikan QR Code tersebut ke berbagai aplikasi lain.

Cara Membuat Barcode di Iphone

Sama seperti di Android, Anda juga perlu mengunduh aplikasi untuk membuat barcode di Iphone. Salah satu aplikasi recomended untuk membuat barcode di Iphone adalah QR Reader. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi QR Reader melalui App Store di ponsel Anda.
  2. Setelah berhasil mengunduh QR Reader, buka aplikasi tersebut lalu klik pada ikon QR di bagian bawah.
  3. Kemudian, pilih tombol + yang berada di sudut kiri atas untuk memulai pembuatan barcode.
  4. Misalnya, Anda ingin membuat barcode jenis QR Code. Pilih QR Code yang ingin Anda buat. Di aplikasi ini tersedia QR Code untuk website, nomor telepon, teks, dan beberapa opsi lainnya.
  5. Sebagai contoh, Anda akan membuat QR Code yang mengarahkan ke profil Twitter. Pilih menu ‘Create’ untuk membuat QR Code Anda.
  6. Setelah itu, QR Code akan dibuat dan muncul di layar. Anda dapat melihat pratinjau QR Code yang sudah dibuat tersebut. Anda juga dapat mengirim QR Code tersebut ke sejumlah aplikasi lain, seperti Dropbox dan Google Drive, atau menyimpan gambar QR Code di ponsel Anda.

Demikian cara membuat barcode baik di Android maupun Iphone. Mudah bukan? Selamat mencoba! (Kontributor Suara.com/ Theresia Simbolon).

BACA SELANJUTNYA

Jadi Andalan iPhone 12 Series, Ini Fungsi Fitur MagSafe