Senin, 26 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 01 Oktober 2020 | 10:45 WIB

Hitekno.com - Beberapa waktu belakangan ini, berbagai aplikasi berlomba-lomba mendatangkan dark mode sebagai tampilannya. Menyusul, kini Google Maps juga menyediakan dark mode untuk penggunanya.

Pada umumnya, dark mode di aplikasi sangat berguna dalam menghemat baterai dan untuk kesehatan terutama agar membuat mata terasa lebih nyaman dengan cahaya yang jauh lebih minim.

Mengutip XDA Developers, setelah penantian yang cukup lama, kini Google meluncurkan dark mode untuk aplikasi penunjuk arah buatannya yaitu Google Maps.

Beberapa pengguna Android 11 kini sudah bisa menjajal fitur Google satu ini. Selain itu, hanya pengguna aplikasi Google Maps versi 10.51.1 yang bisa mencoba fitur dark mode di aplikasi tersebut.

Sayangnya, walaupun sudah secara resmi membawa dark mode ke Google Maps, Google masih belum merilis fitur ini secara global. Namun, proses ini disebut-sebut sedang dalam rencana Google.

Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ Mika Baumeister)

 

Pada versi dark mode dari Google Maps ini Google membuat seluruh elemen di aplikasi seperti logo hingga tampilan peta menjadi warna hitam yang nyaman di mata.

Bersama dengan fitur ini, Google juga memberika mode night-mode otomatis untuk mengubah dark mode secara otomatis saat pengguna menggunakan aplikasi ini di malam atau siang hari.

Sebelumnya, beberapa aplikasi andalan Google seperti YouTube, Play Store hingga Gmail sudah bisa merasakan dukungan dark mode di tampilannya.

Masih belum diketahui kapan Google akan memperkenalkan fitur dark mode ini secara global di App Store untuk pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android.

BACA SELANJUTNYA

Font Google Dipakai untuk Spanduk, Warung Gorengan Ini Curi Perhatian