Senin, 26 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 30 September 2020 | 15:45 WIB

Hitekno.com - Beberapa cara digunakan untuk membuka kata sandi di HP ketika pengguna lupa kunci pola, password atau PIN HP. Meskipun beberapa hanya berfungsi pada versi Android lebih baru atau lama.

Dilansir dari Nextpit, Rabu (30/9/2020), berikut lima cara membuka kunci Smartphone tanpa PIN:

1. Find My Device

Ini adalah cara termudah dan terbaik untuk mendapatkan kembali akses ke perangkat, jika pengguna lupa kode PIN. Namun, Find My Device hanya bekerja untuk versi Android 2.3 atau versi lebih baru.

Aplikasi find my device. [Shutterstock]

Pengguna cukup masuk layanan Find My Device dengan menggunakan akun Google, yang terhubung pada perangkat melalui komputer, kemudian pilih perangkat pengguna dari daftar perangkat yang terkait dengan akun pengguna.

Pilih opsi Lock dan setelah pengguna mengunci ponsel dengan kode baru, kode tersebut akan menimpa kode lama yang dilupakan. Setelahnya, buka ponsel dengan kode baru tersebut.

2. Smart Lock

Versi Android yang lebih baru memiliki keamanan lebih ketat daripada versi sebelumnya, yang dapat dibuka dengan login Akun Google.

Ponsel Android 5.0 atau yang lebih baru, memiliki fitur Smart Lock. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka kunci ponsel secara otomatis dalam kondisi tertentu, seperti saat terhubung ke jaringan WiFi rumah.

Namun, jika lupa pola atau PIN ponsel, pengguna dapat kembali ke rumah untuk membuka kunci ponsel. Fitur Smart Lock dapat diatur untuk berbagai kondisi.

3. Opsi keamanan pihak ketiga

Beberapa produsen smartphone sering menggabungkan perangkat lunak keamanan mereka sendiri ke dalam perangkat, seperti Find My Mobile oleh Samsung.

Fitur tersebut dapat sangat berguna untuk melewati layar kunci, tetapi pengguna harus mengaturnya terlebih dahulu. Jika pengguna telah mengaturnya, cukup kunjungi situs web yang sesuai dari perangkat atau komputer lain dan buka kunci ponsel dari sana.

4. Gunakan akun Google

Bagi pengguna Android 4.4 atau versi lebih baru, Anda dapat menggunakan alternatif lain untuk membuka ponsel jika melupakan PIN atau kode pola.

Akun Google. [Brett Jordan/Unsplash]

Pertama, coba masukan pola atau PIN sebanyak lima kali. Setelah upaya kelima dan semuanya salah, pengguna akan terkunci tetapi opsi di bagian bawah layar akan muncul dengan tulisan "Lupa Pola". Klik tulisan tersebut dan masuk ke Akun Google.

Setelah diautentikasi dengan Akun Google, pengguna akan dapat memilih PIN baru, pola, kunci, atau yang lainnya dan membuka kunci perangkat.

5. Factory reset

Pilihan terakhir adalah melakukan factory reset atau reset pabrik. Namun, hati-hati untuk melakukan metode ini karena akan menghapus semua data di perangkat Android.

Dengan melakukan factory reset berarti pengguna akan melakukan penyetelan ulang perangkat keras. Artinya, Anda akan memasuki mode pemulihan perangkat secara manual.

Metode untuk melakukan reset pabrik perangkat keras berbeda pada setiap perangkat, tetapi umumnya dengan menahan tombol daya dan volume saat perangkat dimatikan.

Factory reset. [Bongkarn thanyakij/Pexels]

Sebelum melakukan factory reset, ada baiknya mencari tahu bagaimana caranya untuk setiap perangkat menggunakan ponsel atau komputer lain.

Itulah tadi deretan cara alternatif ketika pengguna lupa dengan kata sandi untuk membuka HP. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Cara Mengubah Password Zoom, Lewat Komputer Maupun Aplikasi HP