Kamis, 29 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 28 September 2020 | 16:45 WIB

Hitekno.com - Realme tidak hanya memproduksi smartphone saja, namun juga sudah memasuki pasar smart TV. Bahkan paling baru, mengenalkan TV SLED 4K pertama di dunia.

Pada akhir pekan kemarin, (27/9/020) sub-brand dari Oppo ini resmi mengenalkan TV SLED 4K yang diklaim sebagai pertama di dunia. Lalu apa kelebihan panel TV ini?

Sebagai informasi, Realme merupakan perusahaan teknologi yang menggunakan panel itu, meskipun dalam sebuah TV bentuk prototipe atau purwarupa.

Dikutip dari Gizmochina pada Senin (28/9/2020), teknologi SLED adalah panel layar alternatif yang menyajikan tampilan berbasis Quantum Dot (QLED) yang sudah digunakan brand lain.

Ini bukan panel layar biasa karena SLED menggunakan lampu latar yang berbeda dari lampu latar putih yang biasa dipakai pada LCD. SLED justru menggunakan LED merah, hijau dan biru (RGB) untuk membuat triplet karena memiliki polarizer dan piksel yang lebih rapat.

SLED Realme menggunakan LED merah, hijau dan biru (RGB) untuk membuat triplet karena memiliki polarizer dan piksel yang lebih rapat [screenshot Gizmochina].

 

Selain itu, teknologi SLED juga dikatakan berbeda dengan QLED. Untuk QLED, panel memiliki lampu latar biru dan menggunakan titik-titik kuantum yang menyerap cahaya biru dan memancarkan warna merah atau hijau.

Kemudian lapisan LCD pada teknologi panel TV ini membantu panel untuk mengontrol jumlah cahaya yang melewati setiap piksel.

Kelebihan lainnya, Realme TV SLED 4K dikemas dalam layar lebar, yakni 55 inci, yang memberikan cakupan 108 persen dari spektrum warna NTSC.

Tak kalah penting, Realme juga mengklaim bahwa smart TV terbarunya ini aman bagi kesehatan mata karena telah mengantongi sertifikat TÜV Rheinland.

Sepertinya, produk terbaru Realme ini disiapkan untuk berkompetisi dengan Samsung dan OnePlus yang telah merilis TV QLED di pasar India.

Realme Smart TV. Sebagai ilustrasi produk Realme [Suara.com/Tivan Rahmat]

 

Belum ada kabar apakah Realme TV SLED 4K akan dipasarkan ke wilayah lebih luas. Tidak diketahui apakah akan masuk ke Indonesia atau tidak. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Spesifikasi Realme 7 Pro, Bawa SuperDart Charge dengan Harga Rp 4 Jutaan