Rabu, 21 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 26 September 2020 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Saat kehilangan HP tentunya akan menimbulkan masalah dalam banyak hal, mengingat kini data penting semua tersimpan di HP. 

Data seperti foto, video, kontak hingga pesan tersimpan di HP bisa saja raib ketika kamu kehilangan HP.

Mencegah ponsel hilang atau yang terburuk dicuri seseorang, pengguna dapat melakukan beberapa antisipasi. Dilansir dari Android Authority, Jumat (25/9/2020), berikut tiga hal yang harus dilakukan untuk mencegah hilangnya ponsel:

1. Gunakan sandi yang kuat

Pertama, pengguna harus mengatur PIN atau kata sandi yang kuat. Jangan menggunakan angka atau susunan huruf yang mudah ditebak.

Ilustrasi password. [Shutterstock]

Jika seseorang menemukan atau mengambil ponsel, hal pertama yang akan dilakukan adalah mencoba membukanya dengan kode sederhana dan itu dapat menyebabkan banyak masalah.

Untuk mengaktifkan PIN atau kata sandi di Android, buka Settings > Security > pilih opsi Screen Lock di bawah bagian Device Security > pilih gaya kunci layar yang diinginkan pengguna > masukkan kode sandi baru atu pola buka kunci.

Bagi pengguna iOS, Anda dapat mengaktifkan kode sandi dengan membuka Settings > pilih Face ID & Passcode atau Touch ID & Passcode, tergantung perangkat > lalu aktifkan Passcode > masukkan kode sandi baru.

Jika ponsel memiliki pemindai sidik jari atau pengenalan wajah, pastikan untuk mengaktifkannya karena fitur itu menambahkan lapisan keamanan yang sulit dibobol oleh pencuri.

2. Aktifkan Find My Device atau Find My iPhone

Anda harus mengaktifkan Find My Device atau Find My iPhone di pengaturan, sehingga dapat memastikan bahwa pengguna benar-benar menemukan, menonaktifkan dari jarak jauh, dan menghapus ponsel yang hilang.

Untuk mengaktifkan Find My Device di Android, buka Settings > Security > Find My Device > aktifkan toggle.

Bagi pengguna iPhone, buka Settings > ketuk nama di bagian atas layar Settings > ketuk Find My > aktifkan fitur yang ingin digunakan.

3. Catat nomor IMEI ponsel

Jika ponsel dicuri, ada kemungkinan bahwa ponsel akan dijual kembali. Sebelum hal ini terjadi, pengguna sebaiknya mencatat nomor IMEI ponsel sehingga dapat memverifikasi bahwa ponsel yang dicuri adalah milik Anda jika pernah muncul.

Ilustrasi kode IMEI sebuah ponsel. [Shutterstock]

Untuk mendapatkan nomor IMEI di Android, buka Seetings > gulir ke bawah dan pilih opsi About Phone > akan menemukan nomor IMEI ponsel di sana. Catat nomor tersebut dan simpan di tempat yang aman.

Pengguna iPhone, buka aplikasi Phone > ketikkan *#06# pada keyboard. IMEI akan muncul secara otomatis.

Langkah-langkah di atas merupakan cara mencegah dan berhati-hati bagi pengguna sebelum kehilangan ponsel. 

Beberapa hal di atas sebaiknya dilakukan sebelum terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan HP. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Mudah, Begini Cara Transfer Data WhatsApp dari Android ke iPhone