Jum'at, 30 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 26 September 2020 | 10:30 WIB

Hitekno.com - Beberapa data dari percakapan di WhatsApp merupakan hal penting, namun jika ponsel rusak atau hilang data tersebut tak bisa diselamatkan. 

Karena hal ini dianjurkan pengguna WhatsApp dianjurkan untuk rajin backup pesan WhatsApp

Sayangnya, WhatsApp tidak secara otomatis mencadangkan data. Namun, pengguna dapat selalu mencadangkannya di cloud dan ini sepenuhnya gratis.

Dilansir dari Android Authority, Jumat (25/9/2020), berikut cara backup pesan di WhatsApp:

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Allie)

 

1. Cara mencadangkan WhatsApp

Jika pengguna khawatir tentang mencadangkan file WhatsApp, jangan khawatir bahwa file tersebut sudah dicadangkan di ponsel. Aplikasi ini secara otomatis membuat cadangan lokal setiap malam, selama ponsel terhubung ke WiFi dan memiliki penyimpanan dan masa pakai baterai yang cukup. Karena itu, hanya cadangan cloud yang akan melindungi pengguna jika ponsel rusak atau hilang.

Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]

Membantu hal ini, WhatsApp memiliki fungsi bawaan untuk mencadangkan semua pesan dan media ke cloud melalui Google Drive. Ini dapat dijadwalkan untuk berjalan secara otomatis setiap hari, minggu, atau bulan, dengan opsi tambahan untuk mencadangkan secara manual kapanpun yang pengguna inginkan.

Untuk melakukan pencadangan di WhatsApp, ketuk tiga titik di kanan atas > Settings > ketuk Chats > klik Chat backup di bagian bawah. Konfigurasikan pengaturan cadangan WhatsApp pengguna.

Di bagian atas layar, pengguna akan melihat kapan cadangan WhatsApp dibuat, ditambah opsi untuk langsung mencadangkannya. Pastkan melakukan cadangan menggunakan WiFi jika memungkinkan, karena media pencadangan dapat menghabiskan banyak data seluler.

Di bagian bawah, pengguna dapat memilih Akun Google yang ingin pengguna cadangkan, frekuansi backup, dan pengaturan lainnya.

Untuk saat ini, mencadangkan file atau data WhatsApp hanya bisa melalui Google Drive. Jika ponsel pengguna tidak memiliki Google Play Services seperti ponsel terbaru Huawei, pengguna mungkin tidak dapat membuat cadangan WhatsApp menggunakan metode di atas.

Selain itu, cadangan WhatsApp tidak dilindungi oleh enripsi seperti halnya pesan dan secara otomatis dihapus dari akun Google Drive pengguna setelah satu tahun tidak aktif.

2. Cara memulihkan cadangan WhatsApp

Saat pengguna ingin menginstal WhatsApp di ponsel baru, pengguna dapat memulihkan semua pesan dan media WhatsApp melalui cadangan dengan mudah. Sebelum memulai pemulihan cadangan, pastikan pengguna telah login ke Akun Google yang sama dengan yang pengguna gunakan untuk pencadangan.

Untuk memulihkan cadangan, buka aplikasi WhatsApp dan verifikasi nomor telepon pengguna. Ketuk opsi Restore saat diminta selama penyiapan > klik opsi Next dan tunggu hingga pencadangan WhatsApp selesai.

WhatsApp akan memulihkan semua pesan pengguna terlebih dahulu, kemudian beralih ke media yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

Ilustrrasi WhatsApp. [Unsplash/Christian Wiediger]

Jika Anda memasang ulang aplikasi di ponsel yang memiliki cadangan lokal, WhatsApp dapat menggunakan pencadangan tersebut. Secara default, cadangan lokal dibuat setiap hari, sehingga mungkin memiliki data yang lebih baru daripada file cadangan berbasis cloud.

Hanya itu yang perlu pengguna ketahui tentang cara backup atau mencadangkan pesan dan media di WhatsApp sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan pesan.

Itulah tadi cara untuk backup pesan di WhatsApp, selamat mencoba. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Cara Video Call Whatsapp Web, Ikuti Panduan Ini