Senin, 26 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 25 September 2020 | 11:30 WIB

Hitekno.com - Bekerja sama dengan Microsoft, Lenovo Edvision hadir sebagai program komprehensif yang dirancang untuk mempersiapkan masa depan pendidikan Indonesia lewat percepatan transformasi digital.

Program Lenovo Edvision ini menawarkan solusi menyeluruh bagi institusi yang bergabung ini, akan memberdayakan generasi baru tenaga pengajar dan siswa melalui teknologi cerdas dan keterampilan digital.

Perangkat teknologi saat ini dapat dijangkau di hampir seluruh wilayah Indonesia, namun, data dari Bank Dunia (2020) menyebutkan terbukanya akses tersebut perlu diiringi dengan keterampilan teknologi yang mendukung proses pembelajaran.

Untuk itu, diperlukan transformasi digital yang mendorong tenaga pengajar dan siswa mendapatkan pelatihan utilisasi teknologi secara maksimal.

Salah satunya adalah transformasi kepemimpinan yang melibatkan institusi pendidikan dan tenaga pengajar untuk memahami pentingnya teknologi dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) juga menyadari pentingnya memberdayakan tenaga pengajar guna memajukan pendidikan di Indonesia, melalui program yang berkelanjutan.

Kemdikbud juga terus melakukan pengembangan digital native untuk menjadi pemimpin masa depan hingga pembuatan platform khusus bagi tenaga pengajar untuk bertukar ide dan belajar tentang teknologi terbaru yang mendorong transformasi pendidikan.

Lenovo Edvision. (dok. Lenovo)

 

Mendukung perubahan nyata yang dilakukan Pemerintah bagi pendidikan Indonesia, Lenovo meluncurkan Lenovo EdVision.

Di bawah program Lenovo EdVision, sejumlah institusi pendidikan di Indonesia yang bergabung akan mendapatkan akses gratis ke platform pembelajaran online yang dapat mendukung perjalanan transformasi pendidikan, serta akses komplementer ke solusi teknologi Pendidikan terbaru.

Sebagai mitra dalam program ini, bersama dengan Lenovo dan Microsoft, institusi pendidikan akan mempromosikan dan mendorong adopsi teknologi di ranah Pendidikan secara luas.

Seluruh Institusi Pendidikan yang bergabung memiliki akses untuk mendapatkan pelatihan atau webinar tentang penggunaan produk TI penunjang proses pembelajaran dan menambahkan manfaat lain diantaranya kesempatan untuk menghadiri Lenovo EdVision Summit.

Menurut laporan yang baru-baru ini diterbitkan oleh World Economic Forum (WEF), lebih dari setengah (54 persen) karyawan di seluruh dunia akan memerlukan pelatihan kemampuan baru dan peningkatan kemampuan yang signifikan selama tiga tahun ke depan.

"Pendidikan teknologi sangat penting untuk mempersiapkan karir siswa serta ekonomi Indonesia di masa depan. Saat ini, siswa di sekolah akan memasuki dunia karir yang belum terbayangkan - artinya struktur dasar pendidikan juga akan berubah. Lenovo memahami tantangan yang dihadapi sekolah dalam mentransformasi pendidikan, dan menerapkan model pengajaran, pembelajaran, serta kolaborasi baru, sembari mengelola biaya, efisiensi, dan keamanan," kata Budi Janto, General Manager, Lenovo Indonesia.

Lenovo Edvision. (dok. Lenovo)

 

Program EdVision hari ini diluncurkan di Indonesia, setelah sebelumnya dilaksanakan di Filipina.

Mitra dalam program EdVision juga akan menikmati gambaran awal tentang teknologi masa depan yang dapat membuat pendidikan lebih fleksibel, disesuaikan dengan kebutuhan, dan efektif.

Lenovo dan Microsoft menawarkan rangkaian solusi menyeluruh, dirancang untuk kenyamanan penggunaan, kemudahan pemahaman, fleksibilitas, dan kolaborasi. Ini juga akan memberikan personalisasi skala besar agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah.

Benny Kusuma, Education Lead, Microsoft Indonesia menyatakan, "Microsoft dan Lenovo bermitra untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang dipersonalisasi melalui teknologi yang mudah dikelola, serta diciptakan untuk ruang kelas dan pendidikan masa sekarang dan mendatang. Pembelajaran yang dipersonalisasi dapat memaksimalkan kesuksesan siswa dalam proses pembelajaran sekaligus mempersiapkan siswa untuk pekerjaan masa depan yang berkembang dengan cepat. Dengan perangkat Windows 10 yang terjangkau dan mudah didapat, ditambah solusi Microsoft 365 for Education, kami dapat mendorong potensi perkembangan siswa yang tak terbatas," Kemitraan strategis ini memungkinkan Lenovo untuk memperluas portofolio solusi pendidikan yang sesuai untuk kebutuhan e-learning.

Sekolah dan mitra industri yang bergabung dengan program EdVision akan bekerja sama dengan Lenovo dan Microsoft untuk mempromosikan transformasi digital pendidikan, dengan berpartisipasi dalam konferensi pers dan aktivitas outreach lainnya.

Institusi yang tertarik untuk berpartisipasi dalam program Lenovo EdVision dapat mendaftar di https://www.lenovo.com/id/in/edvision.

BACA SELANJUTNYA

Lenovo Luncurkan Laptop Yoga Slim 7i Carbon, Didesain Super Ringan