Rabu, 21 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 24 September 2020 | 19:32 WIB

Hitekno.com - Salah satu aplikasi paling populer, WhatsApp kini memiliki lebih dari dua miliar pengguna. Namun seiring dengan popularitasnya membuat aplikasi ini menjadi target utama pengirim spam. 

Namun tak perlu panik, kamu bisa langsung memblokir nomor WhatsApp pengirimnya kok. 

Entah itu pesan yang dikirim oleh pelaku kejahatan siber atau memang ingin memblokir nomor kontak tertentu dengan alasan pribadi. Cara memblokir nomor di WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah.

whatsapp (shutterstock)

Dilansir dari Android Authority, berikut cara memblokir dan membuka blokir nomor di WhatsApp:

1. Cara memblokir seseorang di WhatsApp

  • Meskipun seseorang tidak ada dalam daftar kontak, orang itu tetap dapat mengirimi pesan melalui WhatsApp. Saat pengguna pertama kali menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal, WhatsApp secara otomatis mendeteksinya dan meminta untuk memblokir atau menambahkannya sebagai kontak.
  • Jika tidak mengenal pengirim dan merasa terganggu dengan pesan yang dikirimnya, bisa langsung mengklik opsi blokir.
  • Namun jika permintaan seperti itu tidak lagi muncul, cara blokir adalah > ketuk tiga titik di kanan atas > More > Block. Ketuk opsi Report and Block atau Block.
  • Jika pengirim dicurigai sebagai pelaku spam, memilih opsi Report and Block akan memberi sinyal ke WhatsApp bahwa orang itu tidak boleh berada di platform. Jangan laporkan seseorang kecuali mereka mengirim spam, menyebarkan berita palsu, atau melanggar persyaratan layanan WhatsApp.
  • Setelah diblokir, orang itu tidak dapat menghubungi pengguna, melihat waktu login terakhir, atau melihat pembaruan gambar profil apa pun.

2. Cara membuka blokir seseorang di WhatsApp

  • Jika tidak sengaja memblokir seseorang atau berubah pikiran untuk kembali berkomunikasi dengan pengirim, bisa dengan mudah membuka blokir.
  • Dari layar beranda WhatsApp, ketuk tiga titik di kanan atas > Settings > ketuk Account > Privacy > Blocked contacts di bagian bawah. Kemudian ketuk nomor atau nama yang ingin dibuka blokirnya, lalu ketuk Unblock (nama).
  • Perlu dicatat, meskipun telah membuka blokir seseorang, pengguna tidak akan dapat memulihkan pesan apa pun yang dikirim saat diblokir.

Cara-cara di atas bisa kamu coba untuk memblokir dan membuka blokir kontak WhatsApp, selamat mencoba. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Mengikuti Cara Sadap WhatsApp Kekasih, Curhatan Netizen Ini Berujung Nyesek