Rabu, 21 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 23 September 2020 | 08:15 WIB

Hitekno.com - Sistem operasi iOS 14 memberikan fitur keamanan baru yang disebut ''titik peringatan''. Fitur terbaru ini akan memberi tahu pengguna setiap kali mikrofon atau kamera HP aktif. 

Fitur titik peringatan tersebut muncul dengan warna oranye dan hijau kecil di bagian atas layar, membuat sebagian besar malah kebingungan. 

Namun, titik tersebut berfungsi jika suatu aplikasi mungkin mendengarkan melalui mikrofon iPhone. Artinya, jika ada aplikasi yang merekam pengguna secara diam-diam, pengguna akan mengetahuinya.

Menurut Tech Radar, Selasa (22/9/2020), titik oranye adalah cara baru untuk memberi tahu pengguna bahwa mikrofon ponsel sedang digunakan dan merekam apa saja yang sedang terjadi.

Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)

 

Artinya, jika pengguna melihat titik tersebut, pengguna mungkin sedang mendikte sesuatu atau menggunakan Siri. Namun jika pengguna tidak melakukan sesuatu yang melibatkan penggunaan mikrofon, mungkin ada aplikasi yang merekam di latar belakang tanpa izin.

Sedangkan titik berwarna hijau akan muncul jika pengguna melakukan sesuatu yang melibatkan kamera. Jika pengguna membuka kunci ponsel menggunakan Face ID, pengguna akan melihat titik hijau tersebut.

Pengguna juga akan melihatnya saat menggunakan aplikasi panggilan video seperti FaceTime atau WhatsApp, serta jika mengambil foto selfie.

Titik tersebut pun akan muncul jika kamera belakang sedang digunakan, yang berarti pengguna dapat memantau penggunaan dari depan dan belakang sehingga pengguna akan tahu jika ada aplikasi yang dapat mengintip dan melihat apa yang pengguna lihat.

Mengutip dari The Sun, dengan menggesek bagian Control Centre, pengguna akan dapat melihat detail tentang aplikasi mana yang menggunakan mikrofon atau kamera. Jika pengguna mencurigai ada sesuatu yang terjadi, pengguna harus memeriksa izin aplikasi di Pengaturan dan menolak akses tertentu ke mikrofon atau kamera.

Jika pengguna benar-benar khawatir, pengguna dapat menghapus aplikasi tersebut. Apple selalu menekankan pada privasi dan jika pengguna bertanya-tanya aplikasi mana yang memiliki izin untuk menggunakan mikrofon dan kamera, ada cara praktis untuk mengetahuinya sebelum menginstal.

Dalam pembaruan iOS 14, setiap aplikasi di App Store sekarang diharuskan menyajikan kebijakan privasinya, baik sebagai bagian dari daftar platform atau sebagai tautan eksternal.

Jika pengguna khawatir untuk menginstal aplikasi tertentu, pengguna dapat menggulir ke bagian Kebijakan Privasi untuk memastikan semuanya sesuai dengan keinginan pengguna.

"Privasi adalah hak asasi manusia yang fundamental dan inti dari semua yang kami lakukan. Itulah mengapa dengan iOS 14, kami memberi Anda lebih banyak kontrol atas data yang Anda bagikan dan lebih banyak transparansi tentang cara penggunaannya," jelas Apple.

iOS 14. [Apple]

Itu bukanlah satu-satunya perubahan privasi yang ditambahkan di iOS 14. Contoh lainnya, pengguna sekarang dapat membagikan lokasi kasar dengan sebuah aplikasi dengan detail persis pengguna.

Nantinya aplikasi dapat menunjukkan toko terdekat, misalnya, tanpa mengetahui persis di mana pengguna tinggal.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Ogah Temenan Kalau Nggak Pakai iPhone, Kelompok Ini Panen Hujatan Netizen