Jum'at, 23 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 22 September 2020 | 15:05 WIB

Hitekno.com - Musim hujan telah tiba beberapa jalan biasanya tergenang banjir jika hujan deras melanda. Bagi kamu pengendara jalan, sebaiknya kamu selalu update informasi dan mengecek jalan tergenang air lewat Google Maps

Kita sebenarnya punya kesempatan untuk menghindari banjir. Coba terapkan cara melihat jalan banjir di Google Maps supaya kita bisa menyusun rencana bepergian yang lebih baik. Berikut ini langkahnya.

1. Unduh Google Maps

Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ NESA by Makers)

Kalau kamu belum punya Google Maps di smartphone, maka unduh dulu Google Maps. Umumnya aplikasi Google Maps merupakan aplikasi bawaan di perangkap mobile jaman sekarang.

2. Tab Jakarta Flood

Bukalah aplikasi Google Maps. Tampaklah tab yang bertuliskan "Jakarta Flood" atau "Banjir di Jakarta di bagian bawah layar. Klik tab itu untuk melihat informasi tambahan tentang banjir di Jakarta dan sekitarnya.

3. Lihat Ikon Forbidden

Kamu bisa melihat jalan ditutup karena banjir atau sebab lain dengan adanya ikon forbidden (dilarang masuk) dan warning (peringatan). Klik ikon tersebut. Kamu akan dapatkan informasi lanjutan tentang banjir dan info-info lain termasuk waktu terakhir informasi di dalam aplikasi terupdate.

4. Berbagi info banjir

Saran kami, mari bantu juga pengguna yang lain dengan memanfaatkan fasilitas share. Kamu bisa berbagi laporan tentang area atau jalan yang sedang ditutup sekaligus membagikan informasi banjir secara real time di Google Maps.

Itulah tadi cara memantau jalanan yang tergenang banjir melalui Google Maps, semoga membantu aktivitas kamu. (Suara.com/Rifan Aditya)

BACA SELANJUTNYA

BMKG Minta Masyarakat Mewaspadai Banjir Rob Akibat Fenomena Perigee