Selasa, 20 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 20 September 2020 | 18:30 WIB

Hitekno.com - Hype yang tinggi akan peluncuran kartu grafis baru, Nvidia GeForce RTX 3080 dimanfaatkan para scalper atau calo yang menawarkan dengan harga tinggi.

Fenomena scalper memang tengah ramai di kalangan teknologi enthusias dan game. Terutama dari peluncuran perangkat baru hingga game yang punya keterbatasan stok.

Hal ini ditemukan dari maraknya penawaran kartu grafis terbaru Nvidia tersebut dengan harga yang tidak wajar. Bahkan tergolong terlalu tinggi dibanding harga aslinya.

Nvidia sendiri memasang harga acuan retail atau MSRP untuk GeForce RTX 3080 sebesar 699,99 dolar AS. Atau setara dengan Rp 10,3 jutaan.

Namun di marketplace online ternama, bisa ditemukan kartu grafis ini ditawarkan sampai 1.199,99 dolar AS atau setara dengan Rp 17,8 jutaan.

Kesal dengan Scalper di Ebay, Gamer Tawarkan GeForce RTX 3080 Palsu. (PC Gamer)

 

Melihat hal ini, banyak gamer yang sebenarnya menginginkan kartu grafis ini jadi tidak bisa mendapatkannya dengan harga yang sewajarnya merasa kesal.

Namun mereka tidak tinggal diam, malah melakukan protes dengan cara unik. Yakni menawarkan GeForce RTX 3080 palsu di Ebay dengan tujuan mengerjai para Scalper.

Beberapa di antaranya mengunggah gambar kartu grafis ini dan dengan jelas kalau menyebutnya sebagai produk palsu. Ada pula yang cuma hanya gambar hingga tulisan saja.

Mulai dari "High Quality Paper GeForce RTX 3080 FE" atau kertas gambar kartu grafis tersebut. Hingga macam-macam gambar yang dibuat sendiri.

Banyak di antaranya mereka hanya menjual dengan harga 1 dolar AS hingga beberapa sen saja. Namun ada satu yang memajang seharga 100 dolar AS, sudah yang menawar 10 ribu dolar AS.

Kesal dengan Scalper di Ebay, Gamer Tawarkan GeForce RTX 3080 Palsu. (PC Gamer)

 

Seperti diwartakan PC Gamer, halaman penjualan kartu grafis palsu ini ditujukan untuk memberitahu agar tidak membeli terlalu tinggi di atas harga resmi.

"TOLONG JANGAN MEMBAYAR LEBIH BANYAK UNTUK RTX 3080 DARI MSRP." tulis dalam keterangan halaman penjualan tersebut.

"Membayar harga yang dinaikkan hanya memberi insentif kepada para Scalper. Harap bersabar, tunggu pengecer resmi diisi kembali, dan bantu komunitas mengeringkan pasar abu-abu ini."

Itulah keramaian gamer yang kesal dengan aksi para Scalper di Ebay. Yakni dengan menawarkan GeForce RTX 3080 palsu di ecommerce tersebut.

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: Merek HP China Kuasai Indonesia, Harga Oppo Reno4 Pro