Sabtu, 24 Oktober 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 20 September 2020 | 14:30 WIB

Hitekno.com - Sebagai pelanggan yang baik, kita senantiasa harus memerhatikan deskripsi dari lapak virtual ketika melakukan jual beli online. Sebuah keluhan pembeli online yang baru saja menerima iPhone XS Max pesanannya ini sukses bikin netizen salfok.

Sang pelanggan justru marah-marah dan sepertinya tidak mengetahui arti dari "Dummy".

Akun fanspage @txtdarionlshop membagikan postingan screenshot dari sebuah lapak virtual yang menjajakan iPhone XS Max versi dummy.

Postingan yang dibagikan menarik perhatian netizen setelah mendapatkan lebih dari 210 Retweet dan 2.800 Like.

Ratusan netizen ikut berkomentar di mana mereka memberikan pendapat pro dan kontra mengenai keluhan pembeli online tersebut.

Testimonial pembeli online pada iPhone XS Max versi dummy ini bikin netizen salfok. (Twitter/ @txtdarionlshop)

 

Sebagai informasi, kini banyak toko online yang menjajakan versi dummy dari smartphone tertentu. Yang dimaksud dengan dummy adalah versi replika dari smartphone di mana biasanya digunakan sebagai pajangan di toko HP atau toko aksesori penjual casing HP.

Dummy merupakan replika ponsel dengan kemiripan 99 persen terhadap versi HP yang asli. Tentunya, dummy hanyalah sebuah "model HP mati" yang digunakan untuk pajangan saja.

Pada lapak virtual, sang penjual mengunggah deskripsi dan judul bertuliskan "iPhone XS Max Murah IPhone XS Max Dummy Dummy iPhone XS Max. 100 persen original, ready dummy iPhone XS Max: White, Black, dan Gold. Untuk kegunaan dummy, kakak bisa cek langsung di Google ya".

Testimonial pembeli online pada iPhone XS Max versi dummy ini bikin netizen salfok. (Twitter/ @txtdarionlshop)

 

Karena kecewa dan mungkin tidak mengerti arti dummy, seorang pembeli online ini memberikan bintang satu karena barang yang ia terima dalam kondisi mati.

"Saya sudah batalkan pesanan tapi masih dikirim juga. Barang yang dikirim rusak tidak menyala, saya pesan tiga tapi yang datang satu. Penjual di-chat tidak aktif, saya kecewa! kembalikan uang saya (emoticon marah)," komentar pembeli online tersebut.

Banyak netizen yang memberikan beragam pendapat mengenai kasus iPhone XS Max versi dummy ini. Beberapa netizen menilai bahwa pembeli online itu kurang membaca sehingga tidak pantas untuk memberikan rating buruk.

Keluhan pembeli online mengenai iPhone XS Max dummy ini jadi sorotan netizen. (Twitter/ @txtdarionlshop)

 

Sementara terdapat netizen yang berpendapat bahwa caption serta judulnya terlalu "clickbait" dan kurang jelas sehingga pembeli dapat mengira itu adalah sebuah ponsel aslinya.

"Darurat baca banget pada nggak tahu dummy astaga (emoticon menangis)," komentar @senaheyyy.

"Masih ada aja yang nyalahin olshop-nya, wajar aja dia buat judul begitu untuk narik pembeli, Lu yang beli kan harusnya bisa baca g*bl*k," tulis @muamrzk.

Spesifikasi produk pada toko online iPhone XS Max dummy. (Sumber: Screenshot)

 

"Emang olshop ngapa pada jual dummy sih anj*r? Udah title-nya clickbait banget lagi!!" pendapat @akbarannuha.

"Heran kenapa penjual lebih pilih kata 'dummy' dibanding 'tiruan'. Aku pikir kalau penjualnya transparan, pasti dijelaskan kalo itu cuma buat pajangan konter HP. Tapi ternyata; silahkan cari di Google," kata @WishnuUtomo.

"Seller-nya ngasih judul dengan kata yang nggak semua orang tahu, tapi buyer-nya juga kagak ngecek info dulu sih, hahaha," cuit @messynluvkoi.

Itulah tadi postingan menghebohkan mengenai keluhan pembeli online yang kecewa dengan iPhone XS Max dummy miliknya, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

HomePod Mini, Smart Speaker Anyar dari Apple dengan Harga Rp 1 Jutaan