Sabtu, 24 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 18 September 2020 | 09:00 WIB

Hitekno.com - HP Android dilengkapi fitur Find My Device yang berguna untuk memudahkan menemukan perangkat jika hilang. Atau bahkan jika ponsel kamu dicuri, akan sangat berguna.

Selain membantu menemukan, fitur ini juga memungkinkan Anda mengunci dan menghapus HP Android kamu yang hilang dari jarak jauh.

Namun terlepas dari kegunaannya, mungkin beberapa pengguna ingin mengaktifkan fitur ini jika ingin menjaga privasi. Karena fitur ini akan melacak keberadaan perangkat kamu.

Fitur Find My Device diaktifkan secara default di semua HP Android baru dan berjalan di latar belakang.

Perlu diketahui bahwa mematikan Find My Device tidak cukup untuk menghentikan ponsel membagikan lokasi. Pengguna juga harus menonaktifkan lokasi.

Aplikasi find my device. [Shutterstock]

 

Dilansir dari Android Authority, Kamis (17/9/2020), berikut cara menonaktifkan fitur Find My Device di HP Android jika pengguna sangat menjaga privasi:

1. Buka menu Settings ponsel

Pengguna dapat mengakses Settings atau Pengaturan ponsel melalui pengaturan cepat dengan menarik layar ke bawah lalu pilih ikon roga gigi. Anda juga dapat mengakses menu Settings dengan membukanya melalui aplikasi Settings seperti biasa.

2. Pilih menu Security

Kemudian gulir ke bawah dan pilih menu Security. Pengguna dapat menggunakan bilah pencarian, yang terletak di bagian atas antarmuka untuk mengakses submenu dengan cepat.

3. Pilih opsi Find My Device

Setelah memilih opsi Security, ketuk pada opsi Find My Device.

4. Nonaktifkan fitur

Untuk menonaktifkan fitur Find My Device, switch atau geser toggle ke nonaktif. Elemen antarmuka latar belakang akan berubah menjadi warna abu-abu setelah pengguna berhasil menonaktifkannya.

Langkah-langkah di atas merupakan cara untuk mematikan Find My Device di HP Android yang dapat dilakukan dengan mudah oleh pengguna. Selamat mencoba! (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

7 Tips Menjaga HP Android Aman dari Virus dan Malware