Jum'at, 04 Desember 2020

iPad 8 Resmi Diluncurkan, Ini Deretan Keunggulannya

iPad 8 sudah ditenagai dengan chip A12 Bionic.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
iPad 8. (Apple)
iPad 8. (Apple)

Hitekno.com - Selama Apple Event yang diselenggarakan mulai dini hari tadi (16/09/2020), perusahaan meluncurkan dua tablet anyar yaitu iPad Air 4 dan iPad 8. Pada peluncuran September tahun lalu, iPad anyar tidak membawa peningkatan signifikan.

Berbeda dengan 2019, kini iPad 8 yang baru saja diluncurkan membawa beberapa peningkatan dalam kinerja dan tambahan fiturnya.

Kabar baik, model baru ini membuang prosesor A10 Fusion 2016 dan sudah mendukung chip A12 Bionic 2018. Chip ini pertama kali terlihat pada seri iPhone X.

Itu merupakan peningkatan besar mengingat chip menawarkan kinerja CPU 40 persen lebih cepat serta peningkatan GPU dua kali lebih baik.

Selama Apple Event, perusahaan mengklaim bahwa iPad 8 generasi terbaru 2 kali lebih cepat jika dibandingkan laptop Windows terlaris dan 3 kali lebih cepat dari tablet Android terlaris. Ini menjadikannya iPad standar pertama yang menggunakan Neural Engine.

iPad 8. (Apple)
iPad 8. (Apple)

 

Kecerdasan buatan itu menawarkan pemrosesan dan rendering gambar tingkat lanjut, peningkatan kinerja Siri, dukungan pengalaman AR (augmented reality) yang lebih baik, dan masih banyak lagi.

Dikutip dari MacWorld, dimensi ukuran dari iPad 8 adalah 9,8 x 6,8 x 0,29 inci atau 250,6 x 174,1 x 7,5 milimeter. Perangkat tersedia dalam tiga varian warna yaitu Silver, Space Gray, dan Gold.

iPad 8 mendukung cover Apple Smart Keyboard dan Apple Pencil (generasi pertama). Perangkat juga sudah mendukung iPadOS 14 yang bakal dikenalkan secara lebih detail pada hari ini (16/09/2020).

Fitur Note pada iPadOS terbaru. (Apple)
Fitur Note pada iPadOS terbaru. (Apple)

 

"iPadOS 14 lebih jauh mengintegrasikan Apple Pencil ke dalam pengalaman iPad untuk kemampuan membuat catatan yang lebih baik dan cara baru untuk bekerja dengan catatan tulisan tangan. Saat membuat catatan di iPad, Smart Selection menggunakan pembelajaran mesin di perangkat untuk membedakan tulisan tangan dari gambar, sehingga teks tulisan tangan dapat dengan mudah dipilih, dipotong, dan ditempelkan ke dokumen lain sebagai teks yang diketik menggunakan gerakan yang sama," tulis Apple dalam keterangan resminya.

Perangkat masih membawa Retina Display 10,2 inci yang dikeliling bezel klasik sebagai tempat sensor TouchID di bagian bawah dan kamera HD FaceTime 1,2 MP di bagian atas.

Varian warna iPad 8. (Apple)
Varian warna iPad 8. (Apple)

 

Harga iPad 8 varian memori terendah (32 GB) dibanderol sebesar 329 dolar AS atau Rp 4,9 juta.

Sementara iPad 8 varian memori tertinggi dapat dibeli dengan harga 429 dolar AS atau Rp 6,4 juta. Versi konektivitas seluler dikenakan biaya tambahan 130 dolar AS atau Rp 1,9 juta.

Terkait

Terkini