Kamis, 22 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 13 September 2020 | 16:15 WIB

Hitekno.com - Pengguna Android harus meningkat kewaspadaannya, karena beredar TikTok Pro palsu yang ternyata berbahaya. Peneliti dari ZScaler telah memperingatkan bahaya aplikasi palsu tersebut karena mengandung spyware berbahaya.

Popularitas TikTok yang melejit tidak membuat pelaku kejahatan siber untuk memanfaatkan situasi. Seperti membuat aplikasi palsu TikTok Pro yang sempat beredar ini.

Dalam sebuah blog tentang aplikasi tersebut, peneliti ZScaler Shivang Desai menjelaskan bahwa setelah instalasi, spyware tersebut menggambarkan dirinya sebagai TikTok menggunakan nama TikTok Pro.

"Segera setelah pengguna mencoba membuka aplikasi, itu meluncurkan pemberitahuan palsu dan segera pemberitahuan serta ikon aplikasi menghilang. Taktik notifikasi palsu ini digunakan untuk mengarahkan perhatian pengguna, sementara aplikasi menyembunyikan dirinya sendiri, membuat pengguna yakin bahwa aplikasi tersebut salah," terangnya dilansir laman Mirror, Minggu (13/9/2020).

Sayangnya, setelah dipasang, aplikasi palsu tersebut dapat melakukan sejumlah proses berbahaya. Termasuk mencuri pesan SMS Anda, mengirim pesan SMS, mencuri lokasi Anda, mengambil foto, menelepon nomor telepon, dan mencuri kredensial Facebook Anda.

Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]

 

"Karena sifat perangkat seluler yang ada di mana-mana dan penggunaan Android yang meluas, sangat mudah bagi penyerang untuk menjadikan pengguna Android korban. Dalam situasi seperti itu, pengguna seluler harus selalu berhati-hati saat mengunduh aplikasi apa pun dari internet. Sangat mudah untuk mengelabui korban agar tertipu oleh serangan semacam itu," ujar Desai.

Berdasarkan temuan tersebut, para peneliti mengimbau pengguna untuk waspada terhadap aplikasi yang mereka instal.

Pastikan Anda hanya menginstal aplikasi dari Google Play Store, dan tidak pernah mengklik link tidak dikenal yang diterima melalui iklan, pesan SMS, atau email.

"Kami juga ingin menyebutkan bahwa jika Anda menemukan aplikasi yang menyembunyikan ikonnya, selalu coba cari aplikasi tersebut di pengaturan perangkat Anda (dengan membuka Pengaturan -> Aplikasi -> Cari untuk ikon yang tersembunyi). Dalam kasus spyware ini, cari aplikasi bernama TikTok Pro," pungkasnya.

Itulah temuan aplikasi palsu yang menamakan diri TikTok Pro, ternyata di dalamnya berisi spyware berbahaya. Pengguna Android harus mewaspadainya, jangan sampai tertipu. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Aplikasi Masker Dipasang di Mulut, Bikin Netizen Tepuk Jidat