Jum'at, 25 September 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 13 September 2020 | 13:45 WIB

Hitekno.com - LG baru saja mengenalkan TV dengan layar super jumbo seperti bioskop mini. Membawa identitas sebagai LG Magnit, perangkat dibekali dengan panel microLED.

Perusahaan mengklaim bahwa LG Magnit adalah TV pertama LG dengan layar microLED yang dijanjikan akan menawarkan "kualitas gambar dan daya tahan inovatif".

Sebagai informasi, microLED adalah jenis tampilan baru, yang mirip dengan panel OLED di kebanyakan smart TV dan smartphone.

Sama seperti namanya, microLED membawa piksel yang jauh lebih kecil.

Piksel ini bisa sampai 100 kali lebih kecil, yang diklaim bisa menawarkan gambar yang lebih jelas, reproduksi warna yang lebih baik, dan visibilitas lebih jernih dari berbagai sudut.

Komponen pada LG Magnit. (LG)

 

Raksasa teknologi Korea Selatan juga menyoroti "Lapisan Hitam" atau "Black Coating" yang telah diterapkan pada microLED-nya.

Itu akan membantu melindungi panel dari kerusakan dan debu, sekaligus membantu mengurangi pantulan pada layar. Sebagai layar MicroLED, ia menawarkan keunggulan pemancar otomatis dari OLED "tanpa bahan OLED".

Ini berarti perangkat dapat menghindari masalah retensi gambar (burn-in) untuk layar yang dibiarkan menyala selama berjam-jam.

Siaran pers untuk pengumuman tersebut menyatakan bahwa, "LG MAGNIT yang serba guna sangat ideal untuk konsumen mewah yang mencari layar premium berskala besar untuk rumah dengan resolusi 4K 163 inci untuk menikmati film, serial, dan olahraga favorit".

Penampakan LG Magnit TV . (LG via TechSpot)

 

Dikutip dari Tech Radar, LG Magnit menjalankan sistem LG webOS dan juga mendukung imaging prosesor Alpha AI.

Perusahaan tidak menargetkan LG Magnit untuk skala rumah, melainkan mereka menyasar sektor lebih komersial seperti hotel atau lobi perusahaan besar.

Layarnya yang super jumbo membuat LG Magnit bisa menawarkan sensasi bioskop mini di lobi perusahaan atau hotel.

Perangkat akan diluncurkan secara komersial pada pekan ini di Amerika Serikat, Eropa serta beberapa negara di Asia.

Masih belum diketahui mengenai harga yang dipatok, namun tentunya itu akan "premium" mengingat teknologi panel microLED masih tergolong baru di industri komersial sehingga banderolnya diyakini cukup mahal.

BACA SELANJUTNYA

Gunakan Layar Putar, LG Wing Resmi Diluncurkan