Minggu, 27 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 12 September 2020 | 15:30 WIB

Hitekno.com - Apabila laptop kamu tiba-tiba error atau menjadi lemot saat mengerjakan tugas, pastinya akan menjadi hal yang menyebalkan. Namun kamu bisa kok mengatasi hal itu sendiri. 

Kondisi laptop yang lemot akan membuat pekerjaan kamu menumpuk dan membutuhkan waltu lama untuk menyelesaikannya. 

Laptop lemot merupakan masalah yang paling sering kita jumpai. Penyebabnya pun beragam bisa saja kita sebagai pengguna yang salah, software maupun hardware dari laptop perlu diganti, atau virus.

Sebagai pengguna kita juga sebaiknya memperhatikan kapasitas laptop kita jangan sampai pemakaian melebihi dari kapasitas karena bisa menimbulkan masalah yang lebih parah. Berikut adalah cara mengatasi laptop lemot dari rumah.

Ilustrasi laptop. (Pixabay/ Concord90 )

 

1. Cari Penyebabnya

Cara mengatasi laptop lemot yang pertama kita harus mengetahui penyebabnya lebih dulu agar lebih mudah mengatasinya. Meskipun kita bukan seseorang yang ahli di bidang komputer, kita tetap harus mengecek kondisi laptop kita sendiri.

Kamu bisa mulai memeriksa kerusakan di bagian software hingga hardware. Beberapa langkah yang bisa kita lakukan antara lain:

  • Periksa aplikasi di laptop, kalau ada yang tidak kamu butuhkan, langsung uninstal
  • Scan laptop dengan anti virus, kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus yang sudah kamu pasang di laptop.
  • Periksa usia hardisk, kamu bisa menggunakan Windows CHKDSK Tool, windows bawaan yang akan memindai disk kamu. Hardisk ini akan membantumu untuk melihat kesehatan atau memindai masalah yang mungkin terdapat di hardisk.

2. Cek Performa Laptop

Setelah melakukan langkah-langkah yang dijelaskan di poin pertama di atas. Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya ialah cek kembali performa laptop kamu. Kalau masih lemot, ini menunjukkan adanya indikasi kamu harus ganti hardisk baru dan upgrade RAM.

3. Perhatikan Aplikasi yang Terpasang

Selain arahan mengganti hardisk dan mengupgrade RAM. Kamu perlu memperhatikan aplikasi yang terpasang di laptop. Berlebihan dalam menginstal aplikasi bisa menyebabkan laptop lemot. Selain itu apabila kamu menginstal software yang kapasitasnya besar seperti software editing foto atau video, ini bisa mengurangi kapasitas RAM.

Oleh karenanya, lebih baik uninstal software yang tak diperlukan dan jangan menginstal software yang akan memakan kapasitas besar di RAM laptop kamu, kecuali kamu memiliki RAM yang besar sehingga masih cukup untuk menginstal software yang membutuhkan ruang penyimpanan besar. Sebab, laptop tidak bisa bekerja secara optimal jika RAM yang digunakan tidak mampu menampung kapasitas software yang dipasang.

4. Instal Ulang

Cara mengatasi laptop lemot dengan menginstal ulang adalah langkah terakhir. Menginstall ulang menjadi solusi terakhir apabila semua cara sebelumnya belum berhasil. Dengan menginstall ulang kamu juga bisa dengan mudah mengetahui kemungkinan kerusakan pada hardware laptop.

Apabila ditemukan kerusakan pada hardware maka yang perlu dilakukan adalah memperbaiki kerusakan pada hardware. Saat mengecek kerusakan sebaiknya gunakan coolpad untuk mencegah laptop ‘kepanasan’, karena itu juga bisa menjadi pemicu laptop menjadi lebih lemot dan berpengaruh buruk pada proses penyembuhannya.

Demikian paparan singkat tentang cara mengatasi laptop lemot. Poin satu bisa kamu lakukan sendiri di rumah, tapi alangkah lebih amannya jika kamu menghubungi ahli.

Itulah tadi langkah-langkah memperbaiki laptop yang lemot. Selamat mencoba. (Suara.com/Rifan Aditya)

BACA SELANJUTNYA

Perjuangan Belajar Online, Sampai Bawa Laptop ke Kamar Mandi