Jum'at, 04 Desember 2020

Xiaomi Klaim Bisa Deteksi Detak Jantung Hanya Lewat Kamera, Kok Bisa?

Tanpa sensor khusus, Xiaomi klaim aplikasi Mi Health buatannya bisa deteksi detak jantung.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi telah memperkenalkan aplikasi Mi Health, yang sesuai nama ditujukan untuk membantu pengguna mendapatkan informasi terkait kesehatan.

Informasi yang dikumpulakan Xiaomi melalui aplikasi Mi Health ini meliputi detak jantung, jumlah langkah, tujuan olahraga, skor kesehatan, dan lain-lainnya.

Sebagaimana melansir laman GSMA Arena dari XDA-Developers, Jumat (11/9/2020), pembaruan versi v2.7.4 dapat mengukur detak jantung kamu hanya dengan menggunakan kamera ponsel dan tanpa sensor atau perangkat keras tambahan.

Yup benar, Xiaomi mengklaim kalau aplikasi ini bisa menggunakan kamera HP saja untuk mengukur detak jantung. Bahkan tanpa sensor khusus yang ditambahkan.

Fitur ini cukup mudah digunakan, cukup meletakkan jari telunjuk pada lensa kamera dan menunggu sampai bilah kemajuan mencapai 100 persen (jangan lupa untuk membersihkan lensa setelah itu atau kamu akan mendapatkan foto yang buram).

Fitur menghitung detak jantung Mi Health. [XDA-Developer]
Fitur menghitung detak jantung Mi Health. [XDA-Developer]

 

Kemudia, pilih apakah itu Status Umum, Menatap Istirahat, atau Setelah Latihan. Juga akan ada laporan Tes, mengungkapkan apakah detak jantung lambat, normal, atau cepat.

Dikumpulkan dari waktu ke waktu, data akan ditampilkan di dasbor aplikasi, memungkinkan pengguna dengan mudah melacak detak jantung mereka.

Sayangnya, aplikasi ini masih belum tersedia di Google Play Store sehingga kamu hanya dapat menggunakannya jika melakukan sideload APK.

Itulah aplikasi Mi Health yang diklaim Xiaomi dapat mendeteksi detak jantung hanya dengan kamera HP saja. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Terkait

Terkini