Jum'at, 18 September 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 07 September 2020 | 07:30 WIB

Hitekno.com - WhatsApp memang sangat populer digunakan sebagai sarana komunikasi. Karena itu pula, aplikasi chat ini jadi sasaran para peretas dan pembajak hingga pelaku kejahatan siber.

Namun bukan berarti tidak ada cara amankan akun WhatsApp agar privasi terjaga dan tidak terbajak. Pengembang aplikasi chat ini telah menyuntikkan beragam fitur keamanan.

Namun beberapa fitur kemanan tersebut harus diaktifkan oleh pengguna untuk menjaga dari serangan peretas.

Sebenarnya, empat langkah kecil berikut ini bisa dipakai untuk melindungi dan cara amankan akun WhatsApp kamu, seperti dikutip dari The Sun, Minggu (7/9/2020).

Siapkan otentikasi dua faktor

Ilustrasi pesan di Whatsapp. (Shutterstock)

Otentikasi dua faktor sangat berguna untuk mengatur perangkat apa pun yang berisi data pribadi, seperti foto dan pesan. Cara ini merupakan keamanan berlapis melindungi aplikasi maupun perangkat.

Untuk mengakses fitur ini, kamu tinggal Buka WhatsApp, buka Pengaturan, lalu klik "Verifikasi Dua Langkah". Klik "Aktifkan" dan masukkan PIN pilihan kamu.

Setelah fitur ini diaktifkan, WhatsApp akan meminta PIN ini saat kamu menggunakan aplikasi untuk memastikan apakah pengguna perangkat ini memang si pemilik atau bukan.

Matikan tanda telah dibaca

Langkah ini berguna jika kamu tidak ingin orang tahu bahwa kamu telah membaca pesan mereka.

Ini berarti, ketika membuka pesan, orang yang mengirimnya tidak akan melihat dua centang biru sebagai simbol pesan sudah dibaca penerima.

Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa membuka menu Pengaturan, klik "Privasi", lalu matikan notifikasi "Baca Tanda Terima".

Meski begitu, fitur ini hanya berlaku bagi chat yang bersifat pribadi. Artinya, tanda centang biru akan tetap ada jika pesan dikirim melalui grup WhatsApp.

Gunakan Pemindai Wajah

Ilustrasi teknologi pemindai wajah, pengenalan wajah, Face ID. [Shutterstock]

Pada beberapa ponsel keluaran terbaru, face recognition atau pemindai wajah sudah menjadi fitur yang wajib dimiliki. Kabar baiknya, WhatsApp juga mendukung fitur tersebut.

Untuk menyalakan fitur ini, kamu hanya perlu memilih menu Pengaturan, klik "Privasi" dan pilih "Kunci Layar". Setelah itu, akan ada tombol "Memerlukan ID Wajah" yang dapat dihidupkan dan dimatikan.

Setelah diaktifkan, siapa saja yang akan membuka WhatsApp perlu diidentifikasi berdasarkan wajah yang telah didaftarkan sebelumnya. Jadi, cara ini akan efektif untuk melindungi akun WhatsApp kamu dari tindak kejahatan.

Amankan enkripsi kamu

WhatsApp sudah dienkripsi sehingga pesan sudah cukup aman. Ini berarti hanya kamu dan obrolan yang dikirimi pesan saja yang dapat melihat percakapan tersebut. Namun, jika Anda mencadangkan obrolan Anda ke cloud, maka obrolan tersebut tidak dilindungi dengan cara yang sama.

Penegak hukum dapat meminta Google atau Apple untuk mengakses obrolan kamu, yang didukung dan ada kemungkinan mereka dapat diserahkan. Jadi, bisa saja peretas dapat memasukkan cadangan cloud kamu.

Jadi sebaiknya, matikan fitur backup cloud WhatsApp kamu. Caranya, buka menu pengaturan alias Settings, lalu klik "Chats", "Chat Backup", "Auto Backup" dan kemudian matikan fitur tersebut dengan menggeserkan panel ke sebelah kiri. Selamat mencoba!

Itulah beberapa cara amankan akun WhatsApp, mengingat aplikasi chat ini jadi sasaran para peretas. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Ada yang Baru, Deretan Fitur WhatsApp Ini Akan Dirilis 2020