Jum'at, 25 September 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 01 September 2020 | 16:45 WIB

Hitekno.com - Bagaimana cara menghapus histori lokasi Google agar tidak terbongkar ke mana saja kamu pergi? Google sendiri menyimpan bahkan melacak lokasi mana saja yang kamu datangi.

Tentu saja, pelacakan lokasi ini memang membantu Google memberikan rekomendasi dari pencarian kamu. Namun dapat mengganggu privasi penggunanya.

Namun tenang, kamu bisa menghapus lokasi Google untuk menghilangkan jejak ke mana saja kamu pergi melalui browser maupun perangkat Android.

Dilansir dari The Verge, Selasa (1/9/2020), berikut cara menghapus histori lokasi Google:

1. Hapus histori lokasi Google di Android

Ilustrasi lokasi Google. [Tumisu/Pixabay]

 

Meskipun dapat menghapus histori lokasi yang dikumpulkan untuk timeline Google di area Aktivitas Saya, pengguna juga dapat menghapusnya dengan mudah di Google Maps.

Untuk menghapusnya, buka aplikasi Google Maps > ketuk ikon profil di sudut kiri atas > pilih opsi Your Timeline > pilih tiga titik di sudut kanan atas > ketuk Settings and Privacy > gulir ke bawah ke opsi Delete all Location History.

Kemudian akan mendapatkan pop-up windows yang meminta untuk mencentang kotak yang menyatakan bahwa kamu memahami, beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi dengan baik jika menghapus histori lokasi. Centang kotak dan pilih opsi Delete.

2. Hapus histori lokasi Google di browser

Google Maps. [Google Indonesia]

 

Pengguna pun dapat menghapus histori lokasi Google melalui browser dengan mengakses alamat https://www.google.com/maps > ketuk tiga garis paralel di sudut kiri atas panel samping.

Jika pengguna tidak menemukan panelnya, cari panah kecil di pojok kiri atas dan klik di atasnya. Kemudian pilih Your Timeline > cari ikon roda gigi di sisi kanan bawah layar > klik di atasnya, lalu Delete all Location History.

Sama seperti di aplikasi seluler, pengguna akan menemukan pop-up window yang meminta mencentang kotak yang menyatakan bahwa kamu memahami beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi dengan baik. Centang kotak dan pilih Delete Location History. 

Itulah cara menghapus histori lokasi Google dengan mudah. Selamat mencoba! (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Musim Hujan Tiba Ini Cara Melihat Jalan Banjir di Google Maps