Kamis, 01 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 01 September 2020 | 13:21 WIB

Hitekno.com - MediaTek Helio G95, resmi diumumkan sebagai chipset baru yang ditujukan untuk smartphone atau HP gaming. Terutama untuk yang masih mengandalkan jaringan 4G.

Secara resmi, hari ini (1/9/2020), MediaTek mengumumkan chipset baru ini. Sebagai keluarga Helio G Series, tentunya dilengkapi teknologi yang mendukung untuk main game.

Yakni MediaTek HyperEngine, yang mendongkrak performa HP. Selain itu, juga ditunjang dukungan multi-kamera dan AI Super Resolution untuk streaming video.

Ditujukan bagi segmen HP gaming 4G premium, chip baru ini akan memberdayakan berbagai merek smartphone utama yang akan diluncurkan di pasar global mulai bulan September.

Bagi para penggemar game, MediaTek Helio G95 menawarkan kinerja lebih cepat dan fitur-fitur high-end seperti fotografi multi-kamera tingkat lanjut – maksimal 4 kamera, dengan AI processing unit (APU) terintegrasi.

Chip ini menyediakan dukungan wake-up word ganda dan tampilan standar HDR 10, yang bisa ditingkatkan untuk mendekati kualitas HDR10+ secara real-time.

"Segmen smartphone gaming memperlihatkan pertumbuhan yang stabil, dengan para pembuat perangkat yang terus menawarkan berbagai teknologi yang lebih baru dan lebih canggih bagi para penggemar game. MediaTek terus meningkatkan chip seri G miliknya untuk menawarkan kinerja hebat dan mediaTek Helio G95 merupakan chip gaming kami yang paling canggih saat ini," kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek.

MediaTek Helio G95 menggabungkan sepasang CPU Arm Cortex-A76 dengan frekuensi hingga 2,05GHz, dan enam CPU Cortex-A55 yang efisien penggunaan dayanya, serta Arm Mali-g76 MC4 yang sudah diperbarui, dengan frekuensi hingga 900MHz untuk kinerja core tunggal dan multicore.

Chip ini juga dilengkapi dengan sebuah DSP ultra-low power dan always-on yang mendukung deteksi wake-up word ganda, memastikan perpindahan lancar antara dua fungsi Voice Wakeup (VoW) paralel.

DSP ultra-low power ini meminimalkan konsumsi daya dari aplikasi seperti Google Assistant always-on dan mendukung pemicu lebih dari satu kata kunci serta asisten virtual.

Ilustrasi chipset MediaTek Helio. (MediaTek)

 

Teknologi Game MediaTek HyperEngine Yang Ditingkatkan

Teknologi game MediaTek HyperEngine yang sudah ditingkatkan mengedepankan engine jaringan, respon cepat, kualitas gambar, dan pengelolaan sumber daya untuk permainan yang lancar dan pengalaman pengguna yang sangat responsif.

Ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi ini dengan cerdas memicu konkurensi Wi-Fi dan LTE, memastikan koneksi yang lancar dan bebas-lag ketika bermain game.

Teknologi ini juga memungkinkan opsi untuk menunda panggilan ketika bermain game tanpa hilangnya koneksi dan memastikan pengelolaan cerdas dan dinamis untuk CPU, GPU, dan memori.

Tampilan AI Super Resolution

Chip baru dari MediaTek ini menawarkan sebuah tampilan AI Super Resolution untuk panggilan video dan streaming video superior di berbagai platform seperti Netflix, Hotstar, Amazon Prime dan TikTok.

Fitur ini mendukung kualitas video mulai dari resolusi 360p hingga HD 720p dalam real-time, mengurangi bandwidth jaringan hingga 75% tanpa terasa adanya perbedaan dalam kualitas.
Fitur ini mengedepankan layar FHD+ 90fps untuk tingkat respon tinggi dan pengalaman yang lancar, menjadikan chip ini ideal untuk bermain game dan antarmuka pengguna sehari-hari.

Pencitraan Premium lewat Dukungan Multi-Kamera

Menawarkan dukungan multi-kamera untuk pencitraan premium, chip ini memungkinkan perangkat untuk memiliki resolusi kamera hingga 64MP, dengan teknologi quad-pixel untuk hasil-hasil pencahayaan rendah yang luar biasa ketika mengambil gambar di malam hari.

Fitur ini juga memiliki engine kedalaman untuk bokeh real-time, AI-FD (engine deteksi wajah cepat & tepat), MFNR, Warping, 3DNR, encoding dan decoding video di 4K 30fps, dengan APU terintegrasi untuk peningkatan kamera AI.

Lini MediaTek Helio G Series yang berfokus di game terdiri dari chipset-chipset G90 Series dan G95 yang baru ini, ditujukan bagi pengguna premium, dengan chipset-chipset G85, G80 dan G70 untuk perangkat game menengah.

Chip-chip MediaTek Helio G25 dan G35 difokuskan pada kategori smartphone mainstream dan mendorong jangkauan MediaTek di berbagai demografis.

BACA SELANJUTNYA

Harga Asus ROG Phone 3 Mulai dari Rp 10 Jutaan, Apa Saja yang Ditawarkan?