Jum'at, 25 September 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 24 Agustus 2020 | 14:30 WIB

Hitekno.com - Move on dari Android, Huawei dikabarkan tengah dalam persiapan untuk memperkenalkan HP baru dari keluarganya dengan dukungan HarmonyOS pada akhir tahun 2020 ini.

Langkah baru yang diambil Huawei menegaskan bahwa vendor HP asal China ini tidak mengalami kendala serius usai ditinggal oleh Android. Buktinya, tidak membutuhkan waktu lama, Huawei lalu membuat sistem operasi anyarnya.

HarmonyOS atau yang dikenal sebagai HongmengOS ini merupakan sistem operasi baru dari Huawei usai Google memutuskan hubungan kerja samanya dan menarik dukungan Android untuk perangkat-perangkat Huawei.

Mengutip Gizchina, Huawei kini dalam rencana untuk merilis perangkat anyarnya dengan dukungan HarmonyOS pada akhir tahun 2020 mendatang. Hal ini dikonfirmasi sendiri oleh analis Ma Jihua yang selama ini cukup dekat dengan Huawei.

Sayangnya, belum ada banyak hal yang bisa diungkap terkait kedatangan perangkat anyar Huawei yang menggunakan dukungan HarmonyOS ini.

Logo Huawei. (Huawei)

 

Walaupun begitu, diharapkan pada gelaran HDC 2020 pada 10 hingga 12 September 2020 mendatang, Huawei akan memberikan banyak bocoran terkait kedatangan perangkat anyarnya ini.

Sejauh ini, HarmonyOS diketahui punya kemampuan untuk bekerja pada berbagai macam perangkat seperti HP, smartwatch, PC, hingga Tablet layaknya Android.

Keputusan Huawei membangun HarmonyOS ini terkait dengan masuknya Huawei dalam daftar hitam perdagangan Amerika Serikat usai dituding membocorkan informasi pengguna.

Logo Huawei. (Huawei)

 

Karena hal ini, beberapa produk Amerika Serikat yang selama ini bekerja sama dengan Huawei termasuk Google dan Android memilih hengkang dari perangkat vendor asal China tersebut.

Meskipun sudah santer terdengar mengenai kedatangannya di akhir tahun 2020 ini, tidak diketahui dengan pasti mengenai kapan HP baru Huawei dengan dukungan HarmonyOS ini akan diperkenalkan secara resmi.

BACA SELANJUTNYA

7 Fakta Asus ROG Phone 3 yang Resmi Masuk ke Indonesia