Senin, 21 September 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 23 Agustus 2020 | 07:30 WIB

Hitekno.com - Bagaimana cara melihat riwayat notifikasi di HP Android dengan mudah? Tentu saja tiap hari ada pemberitahuan yang masuk ke ponsel yang isinya beragam.

Tetapi, kamu mungkin pernah melewatkan pemberitahuan yang penting tanpa sempat melihat detailnya terlebih dahulu. Karena itu ingin tahu apa yang terlewat.

Jangan khawatir, karena kini kamu dapat melihat riwayat notifikasi di HP Android dengan mudah.

Dilansir dari Make Tech Easier, berikut cara melihat riwayat notifkasi di HP Android:

1. Periksa apakah HP pengguna memiliki Notification Log

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)

 

Banyak HP Android yang memiliki fitur Notification Log. Karena cukup tersembunyi, maka Anda harus menemukannya terlebih dahulu.

Untuk mengetahui apakah fitur itu tersedia di HP Anda, tekan lama di bagian mana saja pada layar utama > pilih Widgets dari opsi yang muncul di bagian bawah tampilan > gulir ke bawah hingga menemukan widget Settings > tekan lama dan seret ke layar Beranda atau Home > ketuk di atasnya untuk mengakses daftar fitur.

Jika perangkat memiliki fitur yang dimaksud, Anda akan menemukan Notification Log yang tercantum. Ketuk widget itu dan Anda akan diberikan akses ke notifikasi. Perlu diperhatikan bahwa tampilan yang ditawarkan oleh Notification Log tidak sempurna.

Pada dasarnya, ini terlihat seperti kode dan Anda harus melihat dengan cermat informasi apa yang ingin dipulihkan, seperti judul email. Anda juga tidak dapat mengakses notifikasi yang terima sebelum mengaktifkan fitur di atas.

2. Gunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk melihat riwayat notifikasi

Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat)

 

Jika HP Android Anda tidak mendukung fitur Notification Log namun Anda tetap menginginkannya, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat riwayat notifikasi.

Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store, salah satunya Notification History Log. Aplikasi ini membutuhkan spesifikasi setidaknya Android 4.4 KitKat atau versi yang lebih tinggi agar berfungsi.

Setelah instalasi, buka aplikasi dan pilih bahasa preferensi, lalu baca Ketentuan Penggunaan dan Privasi. Kemudian pilih Setuju untuk melanjutkan. Anda akan mendapatkan halaman tutorial penggunaan, setelah itu klik tombol Berikutnya.

Anda juga akan diminta untuk memberikan akses notifikasi aplikasi. Anda dapat melakukannya langsung dari aplikasi dengan menekan tombol Aktifkan Izin di bagian bawah layar.

Kemudian Anda akan diarahkan ke panel akses Pemberitahuan di HP. Temukan daftar Notification History Log dan aktifkan.

Untuk memulai melihat notification log, ketuk tombol Riwayat Lanjutan. Anda akan menemukan semua pemberitahuan dikelompokkan berdasarkan apliaksi. Cukup ketuk aplikasi tertentu untuk melihat pemberitahuan yang terkait dengannya.

Itulah cara melihat riwayat notifikasi di HP Android dengan mudah. Tidak akan lagi terlewat pemberitahuan yang penting. Selamat mencoba! (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Rilis 28 September, HP Seperti Apa yang Bisa Memainkan Genshin Impact?