Minggu, 20 September 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 09 Agustus 2020 | 09:30 WIB

Hitekno.com - Bagaimana cara edit PDF dengan mudah? Mengingat tipe file ini memand dibuat agar tidak mudah untuk diubah isinya. 

Tidak mudah bukan berarti tidak bisa diubah. Banyak orang masih belum mengetahui cara edit pdf dengan mudah dan cepat.

Bahkan sebagian orang masih mengira bahwa untuk bisa mengedit file pdf, maka harus mengganti format file ke word terlebih dahulu.

Padahal kini mengedit file pdf bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi dan software tertentu melalui laptop.

Bagaimana cara edit PDF? Berikut ini dua aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengedit file PDF. 

1. Microsoft Word

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

 

Cara edit PDF di Microsoft Word mirip dengan mengubah file dari PDF ke Microsoft Word lalu baru diedit. Meski begitu, mengedit file PDF dengan Microsoft Word bisa menyebabkan beberapa karakter angka atau huruf menjadi tidak terbaca. Tapi, cara ini juga bisa dipakai ketika Anda tidak memiliki aplikasi edit file PDF dalam laptop Anda.

Pertama, buka aplikasi Microsoft Word. Lalu, klik opsi 'File' yang ada di pojok kiri atas kemudian klik opsi 'Open' dan pilih file PDF yang akan Anda edit. Selanjutnya, akan muncul notifikasi atau pemberitahuan bahwa beberapa karakter dalam file akan berubah jika dibuka dengan Microsoft Word, kemudian klik 'OK'.

Kedua, tunggu beberapa saat hingga dile muncul di halaman Microsoft Word. Selanjutnya, akan muncul notifikasi keamanan lalu klik opsi 'Enable Editing' pada bagian tengah atas.

Ketiga, setelah selesai mengedit file PDF Anda, langkah berikutnya ialah menyimpan kembali file ke bentuk PDF dengan cara klik opsi 'FILE' kemudian klik 'SAVE AS' pada pilihan 'SAVE AS TYPE' pilih 'PDF'. Nah kini file PDF Anda sudah selesai diedit.

2. Adobe Acrobat Reader

Ilustrasi PDF. (Pixabay/ Clker-Free-Vector-Images)

 

Selain menggunakan Microsoft Word, Anda juga bisa mengedit file PDF dengan Adobe Acrobat Reader. Ini merupakan aplikasi yang paling sering digunakan untuk membuka maupun mengedit file PDF.

Pertama, buka aplikasi Adobe Acrobat Reader di laptop. Jika Anda belum memiliki aplikasi tersebut, maka harus mendownloadnya terlebih dahulu.

Kedua, setelah selesai didownload atau dibuka, klik opsi 'MY COMPUTER' atau 'CLOUD' untuk mencari dan membuka file PDF yang hendak diedit.

Ketiga, setelah file tersebuka, klik opsi 'EDIT PDF' yang terletak di samping kanan atas layar.

Keempat, edit bagian yang Anda inginkan seperti halnya ketika Anda mengedit file menggunakan Microsoft Word.

Kelima, simpan file yang sudah diedit dengan cara klik opsi 'FILE' yang terletak di pojok kiri layar, lalu klik opsi 'SAVE AS'. Kini file Anda sudah berhasil diedit.

Itulah dua cara edit PDF menggunakan dua aplikasi atau software laptop. Mudah bukan, cukup dengan Microsoft Word dan Adobe ACrobat Reader. (Kontributor Suara.com/ Lolita Valda Claudia).

BACA SELANJUTNYA

Biar Bisa Buka File PDF, Begini Cara Download Adobe Reader