Rabu, 23 September 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 07 Agustus 2020 | 22:00 WIB

Hitekno.com - Di saat pandemi melanda dunia dan melemahkan ekonomi, membuat banyak perusahaan merana. Namun beda dengan Nintendo, yang malah mengalami lonjakan keuntungan.

Menurut laporan keuangan terbaru perusahaan asal Jepang ini, terlihat kalau terjadi lonjakan keuntungan bahkan sampai 500 persen.

Lonjakan keuntungan ini tidak luput dari meningkatnya popularitas Nintendo Switch secara global. Terlebih saat pandemi menjadi barang buruan.

Banyak gamer yang menjadikan Nintendo Switch sebagai sarana hiburan ketika harus menjalani karantina diri. Terlebih game-game yang ditawarkan.

Nintendo Switch termasuk versi Lite, mendapatkan total penjualan sampai 61,45 juta unit. Untuk periode tiga bulan terakhir sampai 30 Juni 2020, terjual 5,5 juta unit.

Nintendo Switch (kanan) dan Nintendo Switch Lite (kiri). [Nintendo]

 

Ditunjang kehadiran Animal Crossing New Horizons yang tepat saat pandemi. Game ini ikut menjadi penyumbang peningkatan keuntungan Nintendo.

Game ini membubukan total penjualan 10,63 juta unit selama periode laporan tersebut. Dan secara total, Animal Crossing New Horizons terjual 22,4 juta unit.

Tinggal selangkah lagi game ini menyaingi judul terlaris di Nintendo Switch, Mario Kart 8 Deluxe. Game balap arcade tersebut mendapatkan total penjualan 26,74 juta unit.

Dalam periode laporan keuangan ini sendiri, Mario Kart 8 Deluxe terjual 1,97 juta unit. Meski telah lama, game ini masih tetap laris terjual.

Judul lain yang ikut menyumbang kesuksesan Nintendo adalah Xenoblade Chronicles Definitive Edition dan Clubhouse Games: 51 Worldwide Classics.

Lalu masih ada game laris manis di Nintendo Switch seperti Legend of Zelda: Breath of the Wild dan Super Smash Bros. Ultimate.

Laporan keuangan Nintendo. (videogameschronicle)

 

Selain itu, dilaporkan juga kalau pertumbuhan penjualan software mencapai 123 persen year-on-year. Yakni dengan total penjualan game 50,43 juta unit.

Sedangkan pendapatan mobile tumbuh 32,7 persen year-on-year. Jauh dibanding peningkatan penjualan hardware yang mencapai 160 persen year-on-year.

Itulah laporan keuangan Nintendo yang terus melejit seperti yang diwartakan videogameschronicle. Meski dunia susah dilanda pandemi, perusahaan ini malah menuai keuntungan.

BACA SELANJUTNYA

Termasuk Donkey Kong, 4 Game Retro Meluncur ke Switch Online