Sabtu, 19 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 05 Agustus 2020 | 10:15 WIB

Hitekno.com - Belum lama ini Google membagikan pengumuman lebih detail untuk penutupan Google Play Music. Akses Google Play Music ini dikabarkan akan dicabut pada September untuk pengguna di Selandia Baru dan Afrika Selatan.

Sedangkan untuk semua pengguna di wilayah lain dilanjutkan pada Oktober dan Desember nanti layanan akan ditutup sepenuhnya.

Setelah tiga bulan tersebut, pengguna sudah tak bisa lagi mengakses sekaligus mentransfer data lagi.

Selain pemberitahuan di atas, Google juga tidak akan lagi menerima pembelian untuk musik di dalam Play Store-nya.

Dilansir dari laman The Verge, karena adanya layanan YouTube Music yang berjalan dengan lancar, kini Google membuat langkah besar untuk menutup layanan Google Play Music.

Google Play Music. (Google)

 

Kini pengguna Google Play Music sudah mentrasfer hampir setiap aspek perpustakaan mereka ke layanan baru, termasuk daftar putar, artis, album, lagu dan konten yang dibeli.

Mentrasfer semua konten tersebut semudah membuka aplikasi Musik YouTube untuk pertama kalinya, pengguna akan melihat sesuatu yang mirip dengan layar yang diunggah seperti sebelumnya.

Pihak Google berjanji akan memberi banyak pemberitahuan pada pengguna sebelum Google Play Music benar-benar ditutup.

Sehingga kini pengguna masih bisa menggunakan layanan Google Play Music sampai benar-benar tak bisa diakses.

Pengguna akan menemukan YouTube Music yang sudah diinstal sebelumnya sebagai pengganti Google Play Music, jadi memungkinkan bagi pengguna untuk memulai penyesuaian dengan penggantinya.

BACA SELANJUTNYA

Google Meet Hardware Series One, Solusi Perangkat Baru untuk Rapat