Jum'at, 04 Desember 2020

Bukan Samsung, Huawei Jadi Vendor HP Terlaris di Dunia

Tepat di bawah Huawei, Samsung menyusul dengan total penjualan 53,7 juta unit HP secara global.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Dalam laporan terbaru, Huawei disebutkan menjadi vendor HP terlaris di dunia. Menyabet gelar prestige tersebut, Huawei sukses mengalahkan vendor HP asal Korea Selatan, Samsung.

Gelar baru untuk Huawei ini diberikan oleh perusahaan riset pasar, Canalys. Berdasarkan data tersebut, Huawei menjadi vendor HP terlaris di dunia pada kuartal kedua tahun 2020 dengan total penjualan mencapai 55,8 juta unit HP.

Tepat di bawah Huawei, Samsung menyusul dengan total penjualan 53,7 juta unit HP secara global di kuartal kedua tahun 2020 ini. Total penjualan tersebut menempatkan Samsung di urutan kedua.

Melansir dari GSM Arena, walaupun angka penjualan Huawei jauh lebih tinggi dari Samsung. Angka ini justru mengalami penurunan sebanyak 5 persen dari kuartal kedua tahun 2019 lalu.

Hal yang sama juga dirasakan Samsung yang mengalami penurunan angka penjualan sebanyak 30 persen jika dibandingkan tahun 2019. Diduga kuat hal ini karena adanya masa pandemi virus corona saat ini.

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

 

Untuk pangsa pasar, penurunan drastis ini dirasakan Samsung di beberapa negara yang terdampak virus corona seperti Brasil, Amerika Serikat hingga Eropa.

Di sisi lain, Huawei juga mengalami penurunan penjualan sebanyak 27 persen. Namun, vendor HP ini punya strategi jitu untuk tetap mempertahankan dominasi pasarnya yaitu dengan meningkatkan penjualan di pasar China.

Pihak Huawei menyebutkan bahwa bisnis mereka masih dapat bertahan di tengah masa sulit. Lebih lanjut, Huawei sadar betul jika pasar China masih menjadi target penjualan perangkat ini ke depannya.

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

 

Mengenai penurunan angka penjualan beberapa vendor HP ini, Ben Stanton selaku Senior Analyst Canalys menjelaskan bahwa fenomena ini tidak mungkin terjadi jika pandemi akibat virus corona tidak terjadi.

Setelah sebelumnya tersandung daftar hitam perdagangan Amerika Serikat dan harus berdiri sendiri tanpa dukungan Google, menjadi vendor HP terlaris di dunia seolah memberikan angin segar untuk Huawei.

Terkait

Terkini