Senin, 28 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 21 Juli 2020 | 18:38 WIB

Hitekno.com - Belum lama ini WhatsApp mengenalkan deretan fitur terbarunya, salah satunya adalah cara menambah kontak dengan QR Code

Dengan fitur ini pengguna akan semakin dimudahkan untuk berbagi nomor WhatsApp hanya dengan QR Code. 

Bukan hanya menerima dan mengirim pesan saja, WhatsApp juga memiliki fitur unggulan seperti panggilan suara, panggilan video, menerima dan mengirim gambar hingga menggunakan stiker lucu untuk saling berbalas pesan.

Salah satu fitur baru yang ditawarkan oleh WhatsApp adalah adanya fitur QR Code. Fungsi QR code di WhatsApp adalah para pengguna bisa berbagi nomor/kontak WhatsApp milik Anda kepada orang lain.

Kemudahan ini diberikan agar Anda tidak membacakan nomor saat bertukar WhatsApp. Sehingga Anda hanya perlu memindai QR Code yang tersedia dengan kamera pada ponsel Anda sama seperi saat Anda memiliki cara kerja yang mirip seperti menggunakan WhatsApp Web.

Ilustrasi WhatsApp and Facebook. [Shutterstock]

Dilansir Suara.com rangkum cara menambah kontak WhatsApp dengan QR Code melansir dari Faq.Whatsapp.com:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Anda dan masuk ke bagian setelan (settings) yang berada dibagian pojok kanan dengan lambang titik tiga.
  2. Setelah itu Anda akan menemukan logo QR Code yang terletak dibagian sebelah kanan atas atau sejajar dengan foto profil Anda.
  3. Klik logo QR Code tersebut lalu Anda akan masuk kedalam tampilan selanjutnya.
  4. Terdapat dua pilihan tab yaitu 'kode Anda' dan 'pindai kode'
  5. Jika Anda ingin memindai kode milik pengguna lain maka Anda cukup mengarahkan ponsel Anda ke QR Code milik pengguna lain.
  6. Begitu pula sebaliknya, jika pengguna lain ingin memindai kode Anda maka Anda hanya perlu menunjukkan QR Code milik Anda.
  7. Secara otomatis nomor pengguna tersebut akan ditambahkan pada kontak WhatsApp Anda dengan mengetuk 'Add'.

Setelah melihat langkah-langkah di atas, cukup mudah bukan cara menambahkan kontak WhatsApp dengan QR Code?(Suara.com/Vita)

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Penggunaan Barcode di Mal untuk Cari Pasien Covid-19?