Selasa, 11 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 18 Juli 2020 | 16:30 WIB

Hitekno.com - Blackmagic Design mengumumkan kamera video 12K pertamanya, kamera yang diberi nama Ursa Mini Pro 12K ini adalah versi resolusi yang lebih tinggi dari Ursa Mini Pro yang ada.

Kamera model baru ini memiliki sensor Super 35 12.288 x 6480 yang memapu menangkap rekaman 12K pada 60 frame per detik, 8K pada 110 fps dan memotong 4K Super 16 pada 220 fps.

Perangkat kamera Blackmagic ini menggunakann PL mount untuk kompatibilitas dengan berbagai lensa bioskop high-end, tetapi dapat ditukar dengan Canon EF dan Nikon F Mounts.

Fitur kamera Blackmagic ini dibekali dengan filter ND bawaan dan port ekspansi USB-C 3.1 Gen 2 untuk transfer data yang lebih cepat ke SSD eksternal.

Meski hasil video dari kamera Blackmagic ini memiliki kualitas 12K, namun kamera ini tak perlu dirancang untuk proyek yang benar-benar akan dilihat dalam 12K.

Kamera Blackmagic Ursa Mini Pro 12K. (Blackmagic Design)

 

Sebaliknya, Blackmagic mengatakan piksel tambahan dapat membantu menghasilkan gambar yang lebih bersih dalam 8K atau 4K.

Tak hanya itu, kamera ini memungkinkan kamu untuk memotong pasca produksi tanpa kehilangan resolusi.

Perangkat lunak DaVinci Resolve milik Blackmagic mampu mengedit rekaman 12K, sementara kompresi bawaan kamera dapat menyimpan versi 4K, 6K, 8K sekaligus untuk mengekspor secara instan.

Kamera Blackmagic Ursa Mini Pro 12K. (Blackmagic Design)

 

Pendekatan ini mirip dengan Pocket Cinema Camera 6K Blackmagic, yang juga menggunakan sensor Super 35 resolusi tinggi dirancang untuk proyek 4K atau HD.

Kamera Ursa Mini Pro 12K adalah kamera yang jauh lebih mahal, tentu saja dan berada di ranah produk yang hanya dipertimbangkann oleh para profesional film dan TV.

Perangkat kamera Blackmagic ini akan tersedia di seluruh dunia akhir bulan Juli dibanderol dengan harga 9995 dolar AS atau sekitar Rp 147 juta ribu.

BACA SELANJUTNYA

Bawa 4 Sensor Kamera, Oppo K7 5G Resmi Diperkenalkan