Sabtu, 08 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 17 Juli 2020 | 11:45 WIB

Hitekno.com - Beberapa aplikasi iOS bisa digunakan di perangkat Android, bagi kamu pengguna Android kamu bisa mencoba aplilkasi iOS pada perangkatmu lho. 

Ada cara mudah untuk menggunakan aplikasi iOS di perangkat Android dengan bantuan pihak ketiga.

Dilansir dari Make Tech Easier, Kamis (16/7/2020), berikut cara menggunakan aplikasi iOS di Android:

1. Appetize.io

Salah satu cara termudah untuk menjalankan aplikasi iOS di perangkat Android tanpa menginstal aplikasi apapun adalah menggunakan Appetize.io melalui browser perangkat pengguna. Ini adalah emulator online yang akan meluncurkan perangkat seperti iOS, lengkap dengan tampilan dan nuansa iOS.

Untuk menggunakannya, buka browser pada perangkat Android pengguna dan kunjungi Appetize.io. Setelah halaman dimuat, klik tombol Click to Play.

Tindakan itu akan membuka iOS, memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi iOS apapun di sini. Untuk menggunakannya, pengguna dapat mengunggahnya ke situs web dan itu akan tersedia untuk pengguna gunakan.

2. iOS Emulator Apps for Android

Ada beberapa emulator iOS yang tersedia untuk Android dan yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi iOS di Android. Aplikasi yang paling umum adalah Cider dan iEMU untuk Android.

Untuk menjalankan kedua emulator tersebut, pastikan setidaknya perangkat memiliki 512 MB RAM, versi Android 2.3 atau yang lebih baru, dan sejumlah besar ruang pada perangkat karena iEMU memakan hingga 60 MB ruang, sementara aplikasi Cider membutuhkan hingga 12 MB.

Untuk mendapatkan iEMU Emulator, pengguna harus mengunduh file apk menggunakan komputer dan mentransfer file ke perangkat Android pengguna. Diperlukan sekitar 60 MB ruang.

Kemudian buka Settings pada perangkat Android, lalu navigasikan ke Security dan aktifkan opsi Allow installations of apps from unknown sources. Setelahnya, navigasikan ke folder pengguna menyimpan file apk iEMU dan ketuk untuk menginstalnya.

Layar iPhone. [Shutterstock]

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi iOS dan menjalankannya menggunakan emulator. Pengguna dapat mengunduh aplikasi iOS apapun dan menggunakannya di perangkat Android. Satu-satunya kelemahan iEMU Emulator adalah itu hanya mendukung file .zip dan .ipas.

Sementara, jika pengguna ingin menggunakan aplikasi emulator Cider, pengguna dapat mengunduh file apk Cider. Saat instalasi berhasil, buka aplikasi dengan mengetuknya. Ini akan memungkinkan pengguna mengunduh dan menjalankan aplikasi iOS.

Berkat aplikasi yang disebutkan di atas, pengguna sekarang dapat lebih mudah untuk menjalankan aplikasi iOS di perangkat Android.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi iOS di perangkat Andorid? Mudah bukan?(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Tahap Uji Coba, WhatsApp akan Hadirkan 138 Emoji Baru di Android