Senin, 26 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 14 Juli 2020 | 18:28 WIB

Hitekno.com - Xiaomi Indonesia tidak hanya mengenalkan dua HP baru mereka, namun ada update antarmuka MIUI 12. Apa yang baru dari antarmuka ini?

Dalam gelaran live streaming hari ini, Selasa (14/7/2020), dua HP baru Redmi 9 dan Poco F2 Pro resmi dikenalkan untuk pasar Indonesia.

Bersamaan dengan gelaran yang sama, Xiaomi Indonesia juga mengenalkan kehadiran MIUI 12. Sistem antarmuka ini membawa sejumlah perubahan.

Antarmuka ini hadir dengan melakukan perubahan dalam level kernel. Juga melakkan restrukturisasi render animasi yang ditampilkan dalam HP nantinya.

Setiap sudut MIUI 12 akan menjadi lebih hidup berkat animasi galvanize baru. Yang tujuannya membuat tampilan jadi makin terlihat nyata.

MIUI 12 hadir dengan desain user interface yang segar dan sistem animasi yang inovatif di mana pengguna dapat menikmati pengalaman menggunakan sistem operasi yang lebih hidup dan nyata.

Di antaranya dengan dukungan Mi Render Engine yang menghasilkan pengalaman antarmuka sangat halus serta Mi Physics Engine yang menghasilkan gerakan ikon elegan dan menyimulasikan kurva 3D terinspirasi dari gerakan dan respons di kehidupan nyata.

MIUI 12. (Xiaomi Indonesia)

 

Tampilan visual yang realistis di seluruh sistem MIUI 12 juga memungkinkan pengguna untuk membuat tampilan layar MIUI 12 lebih informatif dan komprehensif. Di sisi lain, tampilan tersebut juga memberi pengalaman unik dan personal setiap melihatnya.

MIUI 12 juga menghadirkan keindahan lainnya, yaitu fitur Super Wallpaper. Fitur baru ini membawa keindahan kosmik ke tingkat baru dengan rekonstruksi menakjubkan dari bentang alam planet Mars dan Bumi yang ikonik, diambil berdasarkan citra resmi dari NASA.

Super Wallpaper mengkombinasikan Always-on-display, Home Screen, dan Lock Screen dalam suatu tampilan misi luar angkasa yang mengasyikkan, dan akan membuat pengguna dapat melihat bagian-bagian lain dari planet-planet. Dengan Super Wallpaper, MIUI 12 menjadi jendela untuk melihat keindahan alam semesta.

MIUI 12 juga memiliki beberapa fitur dan peningkatan baru, di antaranya solusi multitasking dengan floating windows, casting untuk menghubungkan smartphone dengan layar kedua, Ultra Battery Saver yang menghemat pemakaian daya tanpa mengganggu panggilan, pesan masuk, dan konektivitas jaringan.

Ada pula fitur App Drawer yang merupakan fitur utama pada launcher Xiaomi untuk POCO yang telah diterima dengan baik oleh pengguna global. Jika pengguna mengaktifkannya, semua aplikasi akan masuk ke sana sehingga home screen terlihat rapi.

App Drawer juga memungkinkan pengelompokkan aplikasi secara otomatis sehingga mudah menemukan aplikasi yang dicari hanya dengan beberapa swipe.

MIUI 12. (Xiaomi Indonesia)

 

Terakhir MIUI 12 juga memiliki fitur Dark Mode yang dapat diaplikasikan pada aplikasi bawaan sistem ataupun aplikasi dari pihak ketiga. Dark Mode memiliki pilihan untuk menyesuaikan kontras secara otomatis untuk dengan cahaya lingkungan sekitar. Dark Mode juga mengurangi pemakaian daya.

"Kami yakin pengguna akan jatuh hati dengan MIUI 12 karena menghadirkan pengalaman penggunaan OS bintang lima dengan serangkaian optimasi bottom-up, peningkatan desain dan animasi yang hidup pada tampilan antarmuka," kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Inovasi lainnya yang Xiaomi hadirkan untuk pengguna di Indonesia ialah Mi True Wireless Earbuds Basic S.

Beberapa keunggulan dari earbud ini di antaranya adalah stabilitas yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya dengan Bluetooth 5.0, mode Single-Ear yang memungkinkan peralihan koneksi perangkat secara otomatis ketika hanya satu earphone yang digunakan, serta automatic pairing saat perangkat dikeluarkan dari casing.

Mi True Wireless Earbuds Basic S juga memiliki desain ergonomis untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna, bahkan saat melakukan yoga atau bersepeda.

Desainnya pun ringan dengan berat hanya 4,1 gram per earphone, membuat pengguna tidak merasakan apapun selain musik di telinga.

Keistimewaan lain dari Mi True Wireless Earbuds Basic S adalah tombol onboard, yang memungkinkan pengguna mengontrol musik dan panggilan dengan mudah tanpa khawatir mengaktifkannya secara tidak sengaja.

Perangkat ini juga mendukung asisten suara yang dapat diaktifkan dengan mengklik earbud dua kali, serta memiliki mode game untuk mengurangi audio delay dan gangguan selama waktu bermain mobile game.

"Kehadiran Mi True Wireless Earbuds Basic S mengukuhkan komitmen kami untuk terus menghadirkan perangkat-perangkat pintar dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup masyarakat Indonesia," ungkap Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Kapan MIUI 12 ini tersedia untuk perangkat di Tanah Air? Xiaomi Indonesia menjadwalkannya mulai hadir pada Agustus 2020 secara bertahap.

Perangkat yang akan menerima update MIUI 12 secara bertahap adalah sebagai berikut:

  • Redmi Note 9
  • Redmi Note 9 Pro
  • Redmi Note 8 Pro
  • Redmi Note 8
  • Redmi 8
  • Redmi 8A
  • Redmi 8A Pro
  • Redmi Note 7
  • Redmi 7
  • Redmi 7A
  • Redmi Note 6 Pro
  • Redmi 6
  • Redmi 6A
  • Redmi Note 5 Pro
  • Redmi Note 5
  • Redmi S2
  • Xiaomi Mi 10
  • Xiaomi Mi Note 10
  • Xiaomi Mi Note 10 Pro
  • Xiaomi Mi 8 Lite
  • POCOPHONE F1.

Itulah daftar HP yang mendapatkan update MIUI 12 seperti yang diumumkan Xiaomi Indonesia. Apakah HP kamu masuk dalam daftar di atas?

BACA SELANJUTNYA

Stiker Distributor Disebut Bikin Rancu, Bos Xiaomi Indonesia Angkat Bicara