Minggu, 09 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 12 Juli 2020 | 19:00 WIB

Hitekno.com - Xiaomi terkenal sebagai salah satu pelopor desain HP bezel-less melalui Mi Mix series. Perusahaan baru saja mematenkan desain layar all-around dengan satu lensa Super AI sensor kamera 108 MP.

Desain ini benar-benar futuristis, mirip dengan Xiaomi Mi Mix Alpha yang sudah dikenalkan pada September 2019.

Meski Mi Mix Alpha menggunakan tiga kamera belakang, desain paten HP terbaru milik Xiaomi ini hanya memiliki satu lensa saja.

Perusahaan menjulukinya dengan kamera "Super AI".

Desain layar all-around-nya mirip dengan layar yang ada pada HP Xiaomi Mi Mix Alpha.

Paten kamera Super AI 1 Lensa milik Xiaomi. (CNIPA)

 

Perangkat ini belum dijual dan dikenalkan ke publik, tetapi Xiaomi sudah mendaftarkan patennya di China National Intellectual Property Administration (CNIPA).

Pada dokumen CNIPA, perusahaan memberikan banyak ilustrasi pada paten HP terbarunya.

Namun yang menjadi sorotan adalah dimensi lensa kamera "raksasa" yang berukuran hampir 30 persen dari bodi bagian belakang.

Dikutip dari Gizmochina, paten tersebut diajukan oleh Xiaomi pada 19 Januari 2020 namun dokumentasinya baru diterbitkan pada hari 10 Juli 2020.

Render desain HP Xiaomi dengan satu lensa Super AI. (Lets Go Digital)

 

Blog teknologi Lets Go Digital memamerkan desain render apabila paten dari Xiaomi ini menjadi sebuah HP flagship anyar.

Sebelumnya, HP Xiaomi dengan chipset Snapdragon 865 Plus sudah lolos sertifikasi jaringan di China.

Laporan dari XDA Developer juga menyebutkan bahwa Xiaomi sedang bersiap meluncurkan HP misterius dengan sensor 108 MP sebentar lagi.

Masih belum jelas apakah dua kabar di atas berhubungan, namun hal tersebut sangat menarik mengingat Mi Mix Alpha sebelumnya dibekali Snapdragon 855 Plus.

Bodi bagian depan dan belakang Xiaomi Mi Alpha. (Xiaomi)

 

Cukup masuk akal apabila sang penerus (meski Mi Mix Alpha tersedia dalam jumlah kecil dan tidak dipasarkan secara global dalam jumlah besar), menggunakan chipset Snapdragon 865 Plus.

Pada dokumen CNIPA, bodi HP dilengkapi dengan beberapa deskripsi termasuk "5G Modem Ivy 650", "AI Super Camera", "108 MP Sensor Zoom Lens F/2.0 - 5'', "AI GPU", "Memory", "MIUI", "Designed by Xiaomi" dan "Always Believe Something Wonderful is About to Happen".

Jika paten desain di atas benar-benar diluncurkan oleh Xiaomi dan tidak hanya menjadi prototipe, HP flagship selajutnya dengan kamera 108 MP Super AI satu lensa milik perusahaan sangat menarik untuk ditunggu.

BACA SELANJUTNYA

Warna Baru, Xiaomi Kenalkan Redmi Note 9 Pro Aurora Blue