Jum'at, 14 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Jum'at, 10 Juli 2020 | 19:49 WIB

Hitekno.com - Sore ini, Jumat (10/7/2020) pengguna iOS menyampaikan keluhannya usai puluhan aplikasi di iOS mendadak alami crash sehingga tidak dapat diakses. Setelah ditelusuri, ternyata ini penyebabnya.

Berdasarkan keluhan pengguna iOS di media sosial, beberapa aplikasi iOS yang tidak dapat dibuka ini dialami oleh para pengguna perangkat iPhone dan iPad.

Mengutip The Verge, beberapa aplikasi yang tidak dapat diakses tersebut adalah Spotify hingga TikTok dan Tinder. Total ada puluhan aplikasi yang mendadak alami crash dan tidak dapat dibuka.

Untuk kasus ini, beberapa pengguna mengaku telah melakukan restart hingga instal ulang aplikasi bermasalah tersebut namun hal ini belum juga dapat teratasi.

Hingga artikel ini dibuat, memang belum ada konfirmasi resmi dari Apple selaku objek dari masalah yang dihadapi pengguna ini. Namun, mengenai penyebab kasus ini, The Verge mencoba menyampaikan analisanya.

Ilustrasi iPhone. (unsplash/Arnel Hasanovic)

 

Diketahui hal ini terjadi karena Facebook SDK atau Software Development Kit yang mengalami gangguan atau eror. Alhasil berbagai aplikasi populer justru mengalami crash.

Mengenai hal ini, Facebook sendiri mengakui bahwa aplikasinya memang mengalami sedikit masalah. Dicurigai ada peningkatan kesalahan pada SDK iOS yang kemudian mempengaruhi aplikasi di perangkat Apple tersebut.

Melihat sejarahnya, kasus ini bukanlah kasus pertama Facebook saat mengalami masalah dengan SDK miliknya. Hal yang sama pernah terjadi sebelumnya dan memberi efek yang sama pada beberapa aplikasi lainnya.

Ilustrasi iPhone. (Pixabay/bycoo32)

 

Berdasarkan laman Facebook Developer, tim Facebook kini tengah dalam usaha untuk menangani masalah SDK pada aplikasi media sosial tersebut. Diharapkan usaha ini akan segera berhasil dan memberikan kabar baik pada pengguna iOS yang terganggu.

Sayangnya, Apple belum menyampaikan konfirmasi apapun terkait keluhan pengguna yang tidak dapat mengakses aplikasi di iOS yang alami crash ini.

BACA SELANJUTNYA

Facebook Hentikan Layanan Aplikasi 'Facebook Lite'