Selasa, 11 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 09 Juli 2020 | 06:00 WIB

Hitekno.com - Semakin banyak pengguna Instagram membuat hacker seolah punya ladang luas untuk melancarkan aksinya. Nggak perlu panik, berikut cara kembalikan akun Instagram saat kena hack.

Pada umumnya, yang menjadi sasaran hacker adalah para selebriti, selebtweet atau tokoh-tokoh terkenal lainnya. Namun, untuk pengguna biasa juga terkadang tidak terlepas dari aksi tidak bertanggung jawab ini.

Berbicara mengenai motif hacker melakukan aksinya memang tidak diketahui. Berbagai motif biasanya menjadi latar belakang hacker memutuskan untuk melakukan hack.

Untuk beberapa kasus, tindakan tidak bertanggung jawab ini jelas saja begitu merugikan kamu yang kerap kali berkegiatan dengan menggunakan Instagram.

Kalau sudah begini, tidak perlu panik. Saat kena hack, beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk memulihkan akun kamu yang menjadi sasaran empuk para hacker.

Cara kembalikan akun Instagram saat kena hack. (Instagram)

 

Hal pertama untuk mendapatkan kembali akunmu adalah dengan masuk ke situs help.instagram.com untuk mengarah pada bagian keamanan Instagram.

Selanjutnya, pilih pilihan 'Pusat privasi dan keselamatan' untuk langkah pertama mengamankan akun Instagram kamu. Selanjutnya masuk ke 'Melaporkan sesuatu' lalu ke 'Akun penyamaran'.

Cara kembalikan akun Instagram saat kena hack. (Instagram)

 

Pada bagian 'Apa yang bisa saya lakukan jika ada orang yang menyamar sebagai saya di Instagram?', kamu perlu mengisi formulir yang diberikan dari Instagram. Jangan lupa untuk mengisi formulir tersebut dengan data sebenar-benarnya ya.

Jika formulir yang kamu isi sudah sesuai dan tidak kekurangan, maka Instagram akan menerima laporan mengenai akun kamu yang kena hack ini.

Cara kembalikan akun Instagram saat kena hack. (Instagram)

 

Langkah berikutnya adalah menunggu hingga ada langkah berikutnya dari Instagram untuk kemudian dapat memulihkan akun kamu.

Walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memulihkan akun Instagram kamu, cara kembalikan akun Instagram saat kena hack di atas dapat kamu praktekan sebagai langkah awal penanganan dalam kasus ini.

BACA SELANJUTNYA

Cara Baru Scammer Meretas Akun, Waspada Teks WhatsApp Seperti Ini!