Jum'at, 07 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 04 Juli 2020 | 12:45 WIB

Hitekno.com - Inovasi baru, wireless charger Samsung diklaim bisa melakukan desinfektasi pada HP sembari mengisi daya. Bagaimana ini bisa?

Ternyata inovasi Samsung ini memakai UV untuk melakukan sterilisasi HP ketika melakukan pengisian daya.

Adalah Samsung ITFIT UV Sterilizer, wireless charger yang diklaim ampuh membunuh hingga 99 persen bakteri dalam waktu 10 menit.

Pasalnya, ketika proses pengisian baterai berlangsung, wireless charger Samsung ini mengeluarkan sinar UV.

Dikutip dari Engadget, Jumat (3/7/2020), Samsung ITFIT UV Sterilizer berbentuk kotak berwarna putih yang pada dasarnya didesain untuk mengisi baterai Galaxy S20 Ultra.

Ilustrasi Samsung. [Shutterstock]

 

Meski begitu, wireless charger ini bisa dipakai untuk perangkat Samsung lainnya, seperti Galaxy Watch, Galaxy Buds, dan ponsel merek lainnya yang punya fitur wireless charging.

Untuk proses desinfektasinya, pengguna hanya perlu menempatkan ponsel atau perangkat yang akan diisi dayanya ke dalam kotak, lalu sambungkan ke sumber daya USB-C, dan tekan sakelar untuk memulai proses sterilisasi.

Meskipun ini bukan desain Samsung resmi, perusahaan ini menjual UV Sterilizer melalui kemitraan dengan ITFIT, submerek Samsung yang khusus menjual aksesoris ponsel. Saat ini, ITFIT UV Sterilizer sudah terdaftar di badan kesehatan AS, FCC.

Namun untuk sementara waktu, Sterilizer UV ITFIT baru dijual di Thailand dengan harga 1.590 baht atau sekitar Rp 700 ribuan.

Itulah inovasi baru, wireless charger Samsung yang bisa membunuh bakteri sambil melakukan pengisian daya. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Harga Samsung Galaxy Note 20 Ultra dan Galaxy Note 20 di Indonesia