Jum'at, 30 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 01 Juli 2020 | 09:00 WIB

Hitekno.com - Samsung Display berhasil membuktikan taringnya di pasar layar HP pintar secara global. Berdasarkan riset dari Strategy Analytics, Samsung Display menjadi yang terdepan pada industri layar HP selama kuartal satu 2020.

Menurut laporan, pendapatan keseluruhan yang dihasilkan telah meningkat sebesar 3 persen YoY (Year over Year).

Selama kuartal pertama 2020, Samsung Display dikabarkan telah menghasilkan 9 miliar dolar AS atau Rp 141 triliun.

Riset dari Strategy Analytics mengungkapkan bahwa OLED memimpin pasar karena permintaaan konsumen yang cukup tinggi.

Sementara panel LCD justru menghadapi kelebihan pasokan karena mengalami penurunan permintaan.

Smartphone baru layar AMOLED. (HiTekno.com)

 

Karena Samsung Display merupakan produsen OLED terbesar di dunia, kondisi di atas membuat keuntungan perusahaan semakin besar.

Sebagai informasi, berkat permintaan tinggi untuk layar OLED, produksi Samsung Display saja menyumbang 52 persen dari pasar layar HP pintar secara global.

Meski beberapa tahun ke belakang layar OLED dijadikan ciri HP di segmen premium, kini semakin banyak HP kelas menengah hingga menengah premium yang sudah mengusung layar OLED.

Pergeseran permintaan pasar membuat Samsung Display berada di atas angin mengingat mereka terkenal sebagai produsen utama layar OLED yang mendominasi pasar.

Dikutip dari Gizmochina, BOE Technology dan Tianma Microelectronics menduduki peringkat kedua dan ketiga dalam pangsa pasar layar HP pintar secara global.

Layar OLED Samsung [Gizmochina].

 

Menurut Stuart Robinson, Executive Director of Handset Component Technologies Service di Strategy Analytics mengungkapkan bahwa permintaan layar HP pintar juga terpengaruh atas pandemi global.

"Kami berharap pasar panel display akan terus mengamati perlambatan permintaan panel smartphone karena gangguan dalam rantai pasokan bersama dengan penurunan kuat dalam permintaan end-market karena pandemi COVID-19. Kami percaya bahwa vendor panel display akan terus membedakan portofolio mereka dengan teknologi tampilan inovatif di antara pelanggan," kata Stuart Robinson.

Strategy Analytics mengungkapkan bahwa Samsung Display masih akan mempertahankan pasar terutama di segmen pasar HP premium.

Permintaan layar OLED fleksibel yang semakin meningkat dalam beberapa bulan ke depan membuat Samsung Display semakin diuntungkan.

BACA SELANJUTNYA

Akhir Tahun 2020, Samsung Akan Akhiri Produksi Panel LCD