Minggu, 12 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 26 Juni 2020 | 19:00 WIB

Hitekno.com - Dalam WWDC 2020, Apple resmi mengenalkan chip baru mereka untuk Mac. Chip ini sebagai pengganti prosesor Intel yang selama ini mereka gunakan.

Dikutip HiTekno.com dari GSM Arena chip baru yang dinamakan Apple Silicon ini akan memakai arsitektur berbasiskan ARM.

Arsitektur yang biasa digunakan perangkat mobile seperti smartphone Android, termasuk iPhone hingga iPad milik Apple.

Namun kabar barunya, prosesor berbasis ARM ini tidak mendukung Boot Camp untuk masuk dan menjalankan sistem operasi Windows 10.

Dalam WWDC 2020, Apple sendiri mendemonstrasikan menjalankan Debian 10 melalui Parralels Desktop. Namun bagaimana dengan Widows 10?

Seperti diketahui, Windows 10 dalam versi x86 dipasarkan secara terbuka dan lisensinya bisa dibeli dengan mudah. Namun berbeda dengan Windows 10 ARM.

Microsoft memang sudah meluncurkan Windows 10 versi ARM. Namun distribusi lisensinya sejauh ini hanya ke OEM saja untuk pra install.

MacOS dengan Apple Silicon jalankan Debian secara vitualisasi. (Apple)

 

Sejauh ini Microsoft belum memiliki rencana untuk menjual sistem operasi mereka versi ARM langsung ke pelanggan.

Sehingga membuat pengguna Mac dengan Apple Silicon susah untuk mendapatkan lisensi dari Windows 10 versi ARM untuk dijalankan secara virtual di macOS.

Seperti diketahui, selama ini banyak pengguna Mac memakai Boot Camp sebagai aplikasi virtualisasi dalam menjalankan Windows 10 di macOS.

Dengan Boot Camp, pengguna Mac dapat menjalankan aplikasi yang hanya tersedia di Windows 10 termasuk main game PC.

Selama ini virtualisasi sistem operasi ini berjalan lancar, namun untuk versi x86 menggunakan prosesor Intel yang juga x86.

Apple Silicon, prosesor baru untuk Mac. (Apple)

 

Semua akan berbeda jika harus dialihkan ke ARM. Dilaporkan GSM Arena, sejauh ini belum ada cara untuk menjalankan Windows 10 dalam macOS berbasis ARM.

Sedangkan Windows 10 ARM tidak mudah didapatkan oleh pengguna biasa. Seperti apa nanti solusi untu para pengguna Mac dengan Apple Silicon?

Apakah nantinya layanan lain seperti VMWare datang dengan solusi menjalankan Windows 10 secara virtual pada Mac dengan chip baru Apple ini?

BACA SELANJUTNYA

iOS 14 di iPhone Dibekali Deteksi Bahaya Lewat Suara