Senin, 06 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 23 Juni 2020 | 11:30 WIB

Hitekno.com - Ajang WWDC 2020 oleh Apple yang dilaksanakan pada tanggal 22-26 Juni 2020 mengungkapkan deretan teknologi serta fitur baru dari perusahaan. Selain iOS 14, Apple juga memperkenalkan macOS Big Sur dengan segudang fitur unggulannya.

Dinamai dari sebuah landmark di California Amerika Serikat, Big Sur menampilkan salah satu perubahan paling komprehensif untuk desain macOS sejak rilisnya Mac OS X.

Kita disuguhkan dengan jendela aplikasi yang mengusung skema warna baru, efek transparansi, menu bar transparan, floating dock, dan set ikon aplikasi yang benar-benar baru.

Tombol navigasi akan muncul dan menghilang pada jendela aplikasi sehingga pengguna akan merasakan pengalaman yang semakin praktis.

Item menu baru juga memiliki ruang lebih luas sehingga seluruh UI tampak diperbarui secara signifikan.

Ilustrasi macOS Big Sur. (Apple)

 

Big Sur juga menghadirkan Control Center yang sepenuhnya baru, serupa tampilan dan nuansa yang ditemukan pengguna pada iOS.

Terdapat Notification Center yang sekarang dapat dimunculkan dengan melakukan klik pada jam di bagian sudut.

Pengguna dapat merasakan notifikasi bergaya iOS dan juga antarmuka widget baru yang terinspirasi oleh iOS 14.

Dikutip dari GSM Arena, macOS Big Sur menghadirkan peningkatan pada aplikasi intinya.

Kini Safari memiliki halaman baru dengan background yang dapat disesuaikan dan bagian-bagian seperti Reading List serta iCloud Tabs mirip dengan browser populer lainnya.

Tampilan Control Center pada macOS Big Sur. (Apple)

 

Safari juga menyediakan fitur penerjemahan secara otomatis dengan opsi yang cukup mudah.

Pada WWDC 2020, Apple mengklaim bahwa kinerja Safari lebih cepat 50 persen jika dibandingkan Chrome saat menjelajah situs web yang sering dikunjungi.

Perusahaan juga mengklaim bahwa Safari membuat daya tahan baterai lebih baik, di mana streaming video bisa 3 jam lebih lama dan penelusuran web satu jam lebih lam jika dibandingkan Chrome atau Firefox.

Antarmuka Maps menampilkan serangkaian perubahan yang sama dengan versi iOS 14.

Rute Maps pada Big Sur bisa dikirim ke perangkat iPhone pengguna. (Apple)

 

Itu termasuk Guides untuk menjelajahi tempat-tempat di mana kita dapat menggunakan panduan dari pengguna lain atau membuat milik kita sendiri.

Kini fitur Look Around untuk menghadirkan penglihatan 360 derajat dalam ruangan bandara, mal, perjalanan bersepeda dapat diatur rutenya melalui Mac dan dikirim langsung melalui iPhone kita.

Untuk melihat dan mencoba menu interaktif macOS Big Sur, kamu bisa mengunjungi situs resmi Apple melalui link ini.

UI pada macOS Big Sur. (Apple)

 

MacOS Big Sur akan datang akhir tahun ini pada musim gugur.

Developer Beta sudah tersedia pada 22 Juni dan Public Beta bisa diakses pada Juli 2020.

Beberapa perangkat yang sudah bisa mendukung macOS Big Sur termasuk MacBook MacBook (2015 dan versi lebih baru), MacBook Air (2013 dan lebih baru), MacBook Pro (Akhir 2013 dan yang lebih baru), Mac mini (2014 dan lebih baru), iMac (2014 dan lebih baru), iMac Pro, dan Mac Pro (2013 dan lebih baru).

BACA SELANJUTNYA

Apple Tutup 25 Persen Toko Ritel di AS karena Lonjakan Pandemi Corona