Senin, 13 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 23 Juni 2020 | 02:25 WIB

Hitekno.com - Satu lagi kejutan dari gelaran WWDC 2020, yakni Apple Silicon. Yakni prosesor baru yang dikembangkan sendiri untuk Mac.

Seperti diketahui sebelumnya, perangkat komputer Apple, Mac memakai prosesor PowerPC lalu berganti ke Intel. 

Namun dalam gelaran live streaming pada 22 Juni atau 23 Juni dini hari WIB ini Apple membuat kejutan dengan prosesor baru buatannya sendiri.

Apple sendiri telah lama mengembangkan chip mereka sendiri untuk iPad, lalu berkembang ke iPad. Kini mereka menghadirkan Apple Silicon untuk Mac yakni A12Z.

Dalam transisi ini, Apple tidak sepenuhnya langsung berganti dari Intel ke prosesor mereka sendiri. Namun mereka akan melakukan secara bertahap.

Apple Silicon, prosesor baru untuk Mac. (Apple)

 

Apple menjanjikan untuk meluncurkan Mac pertama dengan chip buatan mereka sendiri pada tahun ini. Butuh waktu 2 tahun untuk sepenuhnya berpindah dari Intel ke Apple Silicon.

Chip baru ini tidak hanya memamerkan soal performa dan efisiensi daya. Namun kemudahan dalam transisi antar perangkat Apple.

Yakni memudahkan menjalankan app dari iOS dan iPadOS secara native di macOS. Hal ini tercipta karena menggunakan platform prosesor yang sama.

Apple juga menggandeng sejumlah pengembang aplikasi ternama untuk membuat aplikasi mereka berjalan native di Mac dengan Apple Silicon.

Seperti Microsoft memastikan Office berjalan lancar di sistem baru tersebut. Seperti Word dan Excel berjalan native di prosesor baru ini.

Apple Silicon, prosesor baru untuk Mac. (Apple)

 

Begitu juga Adobe yang memastikan aplikasi mereka berjalan optimal. Dipamerkan betapa lancarnya Photoshop membuka file foto 5 GB.

Aplikasi di macOS Big Sur juga telah dipastikan mendapatkan update untuk berjalan di prosesor baru milik Apple ini dengan baik.

Apple juga menghadirkan versi baru Rosetta yang mentranslasi aplikasi mereka dari PowerPC ke Intel. Di versi baru ini akan mengkonversi app ke Apple Silicon dengan lebih baik.

Untuk mendukung para developer dalam mengembangkan aplikasi mereka di prosesor baru ini, Apple menyediakan Developer Transition Kit.

Paket ini berisi sebuah Mac mini dengan Apple A12Z RAM 16 GB dan SSD 512 GB. Dan telah menjalankan macOS Big Sur djuga Xcode.

Developer Transition Kit untuk Apple Silicon. (Apple)

 

Apple akan mulai mengirimkan Developer Transition Kit kini minggu ini kepada para pengembang aplikasi. Sehingga mereka lebih cepat dalam mengembangkan aplikasi baru.

Itulah kejutan di WWDC 2020, Apple Silicon yang kan menjadi pengganti prosesor Intel pada Mac. Kita nantikan saja seperti apa perngembangan baru ini.

BACA SELANJUTNYA

Pakai ARM, Chip Baru Apple Diduga Tak Bisa Jalankan Windows Lewat Boot Camp