Selasa, 14 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 17 Juni 2020 | 17:15 WIB

Hitekno.com - Apakah kamu penggun laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 10? Apakah perangkat yang kamu gunakan sudah legal dan teraktivasi? Lalu bagaimana cara aktivasi Windows 10 dengan mudah?

Ada banyak alasan mengapa pengguna harus melakukan aktivasi Windows 10 di perangkat karena beberapa laptop dan komputer datang dengan sistem operasi Windows 10 yang belum diaktifkan.

Padahal untuk aktivasi sistem operasi dari Microsoft ini cukuplah mudah dan tidaklah ribet. Hanya membutuhkan koneksi internet yang lancar.

Jika sebelumnya diaktifkan dengan kunci produk (product key), pengguna perlu kunci itu untuk mengaktifkannya lagi.

Tapi jika pengguna telah menautkan lisensi Windows 10 ke akun Microsoft, pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan Windows 10 di perangkat yang sama.

Dilansir dari Tech Radar, Rabu (17/6/2020), berikut dua cara aktivasi Windows 10:

1. Cara aktivasi Windows 10 dengan kunci produk (product key)

Windows 10. [Microsoft]

 

Langkah pertama, masukkan kunci produk pengguna selama instalasi Windows 10. Ini biasanya disertakan dengan kotak atau dokumentasi yang disediakan dengan pembelian digital.

Jika pengguna proaktif, pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan Windows 10 saat menginstalnya. Selama proses instalasi, pengguna akan diminta untuk memasukkan kunci produk sebanyak 25 karakter.

Tetapi, jika pengguna tidak memiliki kunci produk yang siap selama instalasi, pengguna masih dapat melanjutan dan mengaktifkannya nanti.

Setelah Windows 10 diinstal, pengguna dapat mengaktifkannya dengan kunci pengguna menggunakan langkah-langkah selanjutnya.

Langkah kedua, tekan tombol Windows > buka ettings > Update & Security > Activation (atau ketik activation di bilah pencarian).

Langkah ketiga, temukan dan tekan Change product key (Ubah kunci produk). Langkah keempat, ketikkan kunci produk pengguna ke dalam kotak pop-up, tekan Next, lalu tekan Activate. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus terhubung secara online.

Jika pengguna tidak memiliki kunci produk, pengguna dapat mengakses halaman Aktivasi langsung ke Windows Store untuk membeli kunci produk.

2. Cara aktivasi Windows 10 dengan lisensi digital

Ilustrasi Windows 10. (Pixabay)

 

Microsoft membuat pengguna lebih mudah untuk mengaktifkan kembali Windows 10 jika pengguna menautkan lisensi Windows ke akun Microsoft.

Pengguna dapat mengkonfirmasi akun pengguna ditautkan sebelum membuat perubahan sistem atau menginstal ulang Windows 10 dengan masuk ke Settings > Update & Security > Activation dan cari "Windows is activated with a digital license linked to your Microsoft Account" di bagian Activation.

Selanjutnya, langkah pertama dalam cara aktivasi Windows dengan lisensi digital, selama instalasi Windows 10, pilih opsi I don't have a product key (saya tidak memiliki kunci produk) ketika diminta untuk mengaktifkan.

Langkah kedua, Setup dan log in ke Windows 10 menggunakan akun Microsoft yang pengguna tautkan ke lisensi digital Windows 10. Windows dapat secara otomatis aktif pada saat ini.

Pengguna dapat memeriksa apakah Windows telah diaktifkan menggunakan lisensi digital tertaut pengguna di langkah selanjutnya. Jika pengguna telah membuat perubahan perangkat keras yang signifikan, pengguna mungkin perlu mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

Sebagai catatan, pengguna harus melakukan langkah-langkah berikut sebagai Administrator di Windows untuk menyelesaikannya dengan sukses.

Langkah ketiga, sementara Windows running, tekan tombol Windows, lalu buka Settings > Update & Security > Activation. Langkah keempat, jika Windows 10 tidak diaktifkan, temukan dan tekan Troubleshoot (sebagai catatan, bukan Troubleshoot yang ada di sidebar).

Langkah kelima, di jendela baru yang terbuka, pilih Activate Windows > Activate atau pilih "I changed hardware on this device recently" jika pengguna telah mengubah komponen atau perangkat keras pada PC.

Langkah keenam, ikuti petunjuk masuk apa pun yang menggunakan detail akun untuk akun Microsoft yang ditautkan dengan lisensi digital. Langkah terakhir, temukan komputer atau laptop yang pengguna gunakan dalam daftar perangkat, lalu centang kotak di sebelah "This is the device I'm using right now" dan tekan Activate. Setelah ini, lisensi digital pengguna akan memulai dan mengaktifkan salinan Windows 10.

Jika masih gagal untuk mengaktifkan, pengguna dapat mencari rincian lebih lanjut tentang masalah aktivasi.

Demikian cara aktivasi Windows 10 dengan mudah. Selamat mencoba. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

WWDC 2020, Kapan iOS 14 Tersedia dan iPhone Apa Saja yang Mendukung?