Kamis, 29 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 16 Juni 2020 | 07:30 WIB

Hitekno.com - Samsung Galaxy M41 diprediksi akan meluncur pada bulan Juni atau awal kuartal ketiga 2020. Menjelang peluncurannya, beberapa detail spesifikasi mulai terungkap ke publik.

Sebagai informasi, Samsung kabarnya akan meluncurkan 2 HP baru sekaligus pada awal kuartal ketiga 2020, termasuk Galaxy M51 dan Galaxy M41.

Laporan dari blog teknologi Korea, The Elec, mereka mengklaim mendapatkan bocoran dari manajemen rantai pasok perusahaan bahwa Samsung Galaxy M41 akan dibekali layar Organic Light-Emitting Diode (OLED).

Cukup menarik, HP Samsung Galaxy M41 kabarnya akan membawa layar OLED bukan dari Samsung Display, melainkan perusahaan pemasok berbeda.

Seperti yang telah diketahui, Samsung Display adalah pemimpin pasar sebagai pemasok panel OLED untuk OEM smartphone.

Render Samsung Galaxy M41. (YouTube/ Pigtou)

 

Dikutip dari Gizmochina, tahun lalu Samsung Display menyumbang 80 persen dari pasar panel OLED di segmen HP dengan harga terjangkau hingga flagship.

Tetapi monopoli Samsung Display akan segera berakhir karena perusahaan pembuat layar asal China telah meningkatkan kualitas mereka beberapa tahun terakhir.

Bahkan, Samsung Electronics sendiri telah mengirim Request for Quotation (RFQ) ke BOE untuk Samsung Galaxy S21, namun panel-panel itu gagal dalam pengujian.

Menurut laporan terbaru, HP Samsung Galaxy M41 akan datang dengan layar OLED buatan dari China Star Optoelektronik Technology (CSOT), anak perusahaan TCL.

Layar OLED fleksibel akan berukuran 6,67 inci beresolusi Full HD Plus (1080 x 2340 piksel).

Panel yang sama ditemukan pada HP flagship seperti Xiaomi Mi 10 dan Motorola Edge series.

Laporan lain menyatakan bahwa Samsung Electronics juga menguji panel BOE OLED untuk Galaxy M41.

Jika CSOT sukses memasok panel untuk Samsung, Galaxy M dan Galaxy A series diprediksi juga akan menggunakan panel sama seperti yang diproduksi dua perusahaan China di atas.

Baik CSOT maupun BOE, mereka telah memasok panel LCD untuk perangkat Samsung di kelas entry-level.

Jika bocoran di atas benar, layar OLED 6,67 inci pada HP baru Samsung Galaxy M41 tentunya merupakan fitur yang menggiurkan pada kelas mid-range.

BACA SELANJUTNYA

Harga Rp 1 jutaan, Ini 7 HP Murah RAM 3 GB Terbaik Oktober 2020